1000 Jalan Layang Akan dibangun Oleh Pemerintah

1000-jalan-layang-akan-dibangun-oleh-pemerintah

Berita Aktual, Berita Properti – Pembangunan jalan layang begitu diperlukan, terutama di perlintasan sebidang, baik perlintasan jalan maupun kereta api.

Dengan jalan layang, laju kendaraan relatif lebih cepat lantaran tak mesti berjumpa di satu titik. Oleh karena itu, pemerintah akan bangun 1. 000 jalan layang di perlintasan sebidang.

” 1. 000 jalan layang itu dari Jakarta-Surabaya. Semua harus diperbaiki, ” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono di Jalan Layang Antapani, Bandung.

Ia menyampaikan, pembangunan ini bakal diprioritaskan pada jalan-jalan nasional di perkotaan.

Pasalnya, di perkotaan, masyarakat lebih padat dan gampang terjadi kemacetan, khususnya di perlintasan sebidang antara jalan dan rel kereta api.

Tidak cuma laju mobil yang terhalang saat kereta api melintas, akan tetapi juga kecepatan kereta api itu sendiri ikut melambat.

Hal semacam ini dikarenakan, masinis kereta api berhati-hati di perlintasan karena cemas akan ada yang menerobos.

” Tanpa merubah spesifikasi rel, spesifikasi lokomotif, dengan apa yang ada saat ini bila tanpa perlintasan sebidang, kecepatannya (kereta) dapat dinaikkan hingga 150 km./jam, ” ungkap Basuki.

Jika setiap kali ada perlintasan kecepatan kereta api melambat, waktu tempuh juga menjadi lebih lama. Sekarang ini saja, Yogyakarta-Jakarta mesti ditempuh selama 8 jam.

” Kalau ngga ada persimpangan, (waktu tempuh) itu dapat dinaikkan dengan situasi (kereta dan rel) yang sama, ” tutur Basuki.

Semoga berita ini bermanfaat bagi kita semua.

Related posts