5 Manfaat Rimbang, Salah Satunya Lindungi Mata Dari Katarak

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Yang namanya Rimbang tentunya akan sering disebut dengan cokowana, cepokak, pokak atau juga terong pipit yang dalam nama Latinnya disebut dengan Salanum Feerogium Jacq yang masuk dalam suku Solanaceae. Buah ini memiliki banyak sekali kandungan manfaat yang dibutuhkan bagi tubuh khususnya untuk pemeliharaan kesehatan mata karena dinilai mengandung banyak nutrisi penting didalamnya.

Dan beberapa kandung yang bermanfaat dalam rimbang yakni diantaranya seperti zat besi, manfaat fosfor, flavonoid, alkaloid, tanin, saponin, kalsium, protein, lemak dan juga beberapa jenis vitamin seperti misalnya vitamin A, vitamin B dan juga vitamin C. Untuk dapat mengetahui apa saja manfaat untuk rimbang selengkapnya sudah dapat anda baca dalam artikel yang kami berikan dibawah ini.

1. Mencegah Degenerasi Makula
Rimbang selain banyak manfaat berupa vitamin C untuk kulit, juga memiliki kandungan asam askorbat yang mana merupakan vitamin larut dalam air sekaligus sebagai antioksidan yang sangat kuat. Vitamin C ini tidak hanya bermanfaat dalam merawat kesehatan kulit, tulang serta pembuluh darah saja, namun dapat juga menjaga kesehatan kapiler halus yang ada pada retina. Dengan cara mengkonsumsi rimbang secara teratur maka akan ada kandungan vitamin C yang tinggi dan sangat baik untuk mencegah resiko pembentukan katarak dan juga kehilangan penglihatan yang terjadi karena adanya degenerasi makula.

2. Melindungi Mata Dari Katarak
Selain itu, rimbang juga bermanfat dalam mencegah atau mengurangi resiko terkenanya katarak. Dengan adanya kandungan vitamin C yang tinggi dalam rimbang ternyata dapat melindungi cairan tubuh seperti misalnya darah, air liur, getah bening dan juga cairan intra serta intercellular kemudian cairan yang mengelilingi lensa mata. Dan setelah nantinya anda mengkonsumsi rimbang dengan teratur maka dapat mencegah terjadinya katarak dan juga mengurangi yang namanya tingkat keparahan dari katarak yang ada di mata.

3. Memperbaiki Penglihatan
Bila vitamin A sangat penting bagi kulit ternyata juga mata juga ikut membutuhkan kandungan ini sehingga untuk mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan mata secara menyeluruh, anda dapat mengonsumsi rimbang. Di dalam rimbang terdapat vitamin A yang tinggi dan telah terbukti sangat baik untuk memperbaiki penglihatan sehingga mata juga dapat mneyesuaikan dengan perubahan cahaya, menjaga kelembaban mata dan juga memperbaiki penglihatan ketika malam hari. Mencukupi vitamin A seperti yang ada dalam rimbang juga dapat mencegah mata kering serta mencegah kebutaan sekaligus meningkatkan kemampuan adaptasi yang ada di mata terhadap terang dan juga gelap. Retinol yang ada dalam vitamin A akan membantu untuk pembentukan berupa visual ungu pada mata dan memastikan juga kesehatan dari retina mata.

4. Mencegah Glaukoma
Glaukoma adalah salah satu gangguan penglihatan yang ditandai dengan adanya kerusakan saraf optik akibat adanya tekanan pada mata dengan gejala seperti misalnya sakit kepala dan juga rasa nyeri yang timbul pada mata. Vitamin B yang terdapat dalam rimbang berfungsi sebagai koenzim pada reaksi kimis tertentu di dalam tubuh. Sedangkan untuk kadar thiamin dalam darah juga akan lebih rendah saat mengkonsumsi rimbang sehingga dapat mencegah glaukoma tersebut.

5. Mencegah Kerusakan Saraf Optik
Vitamin B yang berada dalam rimbang juga berhubungan dengan adanya pembuatan DNA dan juga produksi protein. Apabila tubuh kekurangan yang namanya vitamin B maka dapat menyebabkan kerusakan otak serta sumsum tulang belakang yang kemudian menjalar dan juga merusak saraf optik yang menyebabkan penglihatan penderita semakin menurun.