Selada Air, Sayuran Sehat Pencegah Kolestrol Dan Kanker

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Mungkin tidak akan ada banyak yang tahu bila jenis sayuran yang familiar anda jumpai di pasar ini atau yang biasa disebut dengan sayuran selada air memiliki manfaat yang sangat baik. Sayuran yang memiliki daun kecil berwarna hijau ini biasanya sering kali diolah menjadi sayur tumis, gulai, pecel, ataupun sup.

Tahukan anda bahwa jenis sayuran selada air ini memiliki kaya akan serat diman selada air ternyata mengandung banyak manfaat sehat seperti yang telah dirangkun dibawah berikut ini :

1. Mempercantik kulit
Bukan hanya disajikan sebagai menu makan, ternyata selada air juga merupakan sayuran yang kaya akan zat antioksidan dimana kandungan mineral bersama dengan vitamin C yang ada di dalamnya dapat menghilangkan racun serta mempercantik kulit.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 telah menemukan bahwa 10 dari 11 wanita yang rutin dalam mengonsumsi selada air dinyatakan memiliki kondisi kulit yang jauh lebih cantik dan sehat.

2. Memelihara kesehatan mata
Tanpa kita sadari bila, selada air kaya akan lutein dimana akan ada zat antioksidan yang baik untuk kesehatan mata. Lutein bersama dengan zeaxanthin nantinya akan membantu dalam melindungi serta memelihara sel sehat yang ada di mata. Secangkir selada air diketahui mengandung 1961 mcg lutein dan juga zeaxanthin.

3. Mengontrol diabetes
Bagi para penderita diabetes akan sangat disarankan untuk rajin makan selada air, hal ini disebabkan adanya kandungan serat yang ada di dalamnya yang mana dapat mengaktifkan kerja insulin serta menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

4. Menurunkan kolesterol
Selain itu pada penelitian lainnya telah ditemukan bahwa dengan memakan selada air dapat menurunkan dari kolesterol jahat yakni sebanyak 49% serta mengangkat kolesterol baik sebesar 16%.

5. Menurunkan hipertensi
hal yang sama dengan sayuran bit dan juga sayuran hijau lainnya, selada air juga mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat ini sendiri berfungsi dalam menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi.

6. Mencegah kanker
Bukan hanya daun sirsak atau bawang putih yang dapat memerangi kanker, namun selada air juga merupakan sayuran yang mengandung phenylethyl isothiocyanate atau PEITC. Dimana dari sebuah penelitian di tahun 2015 telah menemukan bahwa PEITC memiliki kemampuan dalam mengganti sel pembuluh darah yang rusak sehingga untuk sel tumor tidak dapat mengakses suplai darah dan berkembang biak menjadi kanker.