Ups! Ternyata Gangguan Penglihatan Mata Juga Disebabkan Oleh Diabetes, Kok Bisa?

Berita Aktual, Berita Kesehatan, Mata merupakan salah satu bagian dari organ yang tersensitif yang ada di tubuh manusia dan tentunya juga rentan mengalami yang namanya kerusakan yang disebabkan oleh beberapa jenis penyakit.

Dan salah satu jenis penyakit yang kini menyerang dan merusak fungsi mata yaitu diabetes. Ya, dengan adanya penyakit gula ini tidak hanya dapat merusak ginjal, saraf, otak, jantung dan gigi, namun juga dapat merusak indera penglihatan anda.

Dan perlu anda ketahui, bila efek yang mengerikan bisa sja terjadi dengan adanya kerusakan permanen dan tidak dapat disembuhkan.

Berikut ini beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada mata yang disebabkan oleh adanya diabetes dan dilangsir dari laman Top 10 Home Remedies:

1. Retinopati diabetik
Retinopati diabetik merupakan sebuah kondisi dimana telah terjadi kerusakan pada retina, lebih tepatnya yaitu pada sebuah pembuluh darah yang terletak di bagian belakang mata. Penyakit ini tidak hanya bisa menyebabkan berkurangnya kemampuan pengelihatan, namun juga dapat menyebabkan kebutaan pada mata.

2. Edema makula diabetik
Kondisi seperti ini terjadi setelah retinopati. Bila kondisi ini terjadi, maka ada kemampuan mata Anda untuk melihat lurus, seperti misalnya membaca, menulis, berkendara dan mengenali wajah orang akan mengalami penurunan secara langsung.

3. Katarak
Untuk yang namanya katarak ditandai dengan adanya gejala lapisan baru pada mata dan menyebabkan pandangan menjadi semakin kabur. Umumnya terjadi pada mereka yang sudah di atas 40 tahun. Penderita diabetes juga beresiko mengalaminya.

4. glaukoma
dan ini adalah jenis penyakit yang dapat menyebabkan munculnya tekanan pada saraf optik yang menyambungkan mata dimana glaukoma adalah salah satu kondisi kesehatan yang berkontribusi pada adanya kebutaan.