Cara Mengatasi Pola Makan yang Berubah Karena Puasa

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Pada minggu awal puasa, biasanya sakit maaf akan kambuh dikarena terjadi perubahan pada pola makan. Perubahan ini diakikatkan saluran cerna harus beradaptasi sehingga terjadinya gangguan pada lambung.

“Maaf kambuh pada minggu awal puasa karena adanya perubahan ritme makan dan dikarenakan saluran aacerna harus adaptasi lagi dan membutuhkan waktu. Sehingga ketika adaptasi dengan pola mkaan yang baru bisa terjadi gangguan sakit pada lambung, terutama pada orang yang sensitif,” ucap Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, Kamis (09/05).

Dalam menyiasati pola makan yang berubah selama menjalankan puasa, dr. Helmin menyarankan untuk makan lebih disiplin dan cukup ketika sahur dan berbuka. Selain itu, konsumsi makanan bernutrisi dan hindari makanan yang dapat memicu terjadinya maaf agar puasa bisa lancar.

“Untuk bisa menghindari batalnya puasa untuk penderita sakit maag alangkah baiknya ketika berbuka, sebelum tidur dan sahur minum obat maag. Tapi jika sudah tidak a da gangguan, obat maaf bisa dilepas secara perlahan-lahan,” pungkas dr. Helmin.

Selain itu, penderita maaf juga disarankan mengonsumsi obat maag seperti Promag dalam membantu mencegah maaf kambuh. Ada pun sudah mulai teratur dalam menjalankan puasa, gejalan maag dapat berkurang karena badan sudah bisa beradaptasi.