Ki Joko Bodo Bertobat Tanpa Harus Ganti Nama

Berita Aktual, Berita Entertaiment – Terdengar kabar mengenai Ki Joko Bodo bertobat sejak lima tahun yang lalu, sang paranomal bahkan menghentikan semua praktiknya. Bagaimana kisah dari pertobatan itu?

Pria yang memiliki nama asli Agus Yulianto itu mengatakan awal mulanya bertobat ketika berangkat umrah ke Tanah SUci. DI sana, Ki Joko Bodo mengaku seperti terdengar suara bisikan.

Bisikan yang terdengar dari pikirannya itu meminta ia untuk segera bertobat.

“Semua saya tinggalkan setelah saya melalui perjalanan spiritual ke Mekah. Prinsip saya dulu dunia baru mencari Tunia,” ucapnya waktu itu.

Ko Joko sekarang ini sudah mengurangi aktivitas paranormalnya. Namun ia tidak ingin melakukan pertobatan ini secara mendadak.

Setelah bertobat, pria yang biasanya dandanan begitu nyentrik itu kini sudah bergabung dengan organisasi Islam LDII. Ki Joko sendiri sebenarnya sudah pernah bergabung dalam oraganisasi tersebut waktu itu.

“Jika kita lihat Ka”bah selalu nagsi. Ini kan kita harus meninggalkan semua keburukan dan menjalankan segala ajaran Tuhan dan agama,” ucapnya.

Bagi pria yang berambut gondrong itu, sejak dulu ia juga selalu berusaha untuk bisa menjadi manusia yang lebih bagik lagi.

“Sebab kan namanya perbenaran hidup. Disebut dengan tobat kan tobat itu artinya seperti apa. Kita hanya bisa menjalankan apa yang dianjurkan Tuhan Yang Maha Esa,” tuturnya.

Hijrah total, Ki Joko Bodo pun mengganti rumahnya menjadi masjid. Selain itu, Ki Joko Bodo juga tidak hanya membuang benda mistik seperti keris ke laut namun itu menghaguskan koleksi-koleksi lainnya.

Koleksi tersebut berupa lukisan yang sarat mistis. Ki Joko mengakui sudah membakar habis semua lukisannya itu.

“Aku bakar-bakarin yang melukiskan makhluk hidup, tidak boleh kan itu. Jika langka buat nentang Tuhan ngapain kita simpan lagi. Berbentuk larangan agama dan Tuhan sudah aku hindari. Aku ingin mendekatkan diri pada Allah,” katanya.

Tapi ada satu yang harus dipertahankan olehnya selama ini. Ia menyampaikan masih mempertahankan nama Ki Joko Bodo. Padahal mungkin bagi sebagian orang nama dengan ‘Ki’ sudah identik dengan sebutan paranormal.

“Kenapa harus diubah? Apa arti dari sebuah nama? Jangan karena, kita tetap berkebudayaaan, kita bukan berkebudayaan Arab. Nama aku tetap,” terang Ki JOko Bodo.