Memperingati Hari Raya Waisak, Langit Borobudur Dipenuhi dengan Cahaya Lampion

Berita Aktual, Berita Travel – Ribuan lampion diterbangkan dari Taman Lumbini, Candi Borobudur menghiasi langit. Penerbangan lampion ini dilangsungkan berhubungan dengan perayaan hari Waisak.

Menurut pantauan Admin Berita Aktual, penerbangan lampion tersebut dilakukan dalam dua tahap Untuk tahap pertama secara simbolis penerbangan lampion dilakukan di area Pelataran Candi Borobudur oleh para tamu undangan.

Mereka yang menerbangkan lampion tahap pertama antara lain Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI M Effendi, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel maupun tamu undangan lainnya.

Seterusnya, penerbangan tahap kedua dilakukan saat larut malam di Taman Lumbini. Untuk penerbangan di Taman Lumbini jumlahnya lebih banyak dan ramai yang mengikutinya. Mereka yang ikut menerbangkan lampion itu, sebelumnya sudah memesan kepada para panitia.

Mereka yang ikut menerbangkan lampion ini benar-benar antusias. Penerbangan tahap kedua ini pun diberi dengan aba-aba sehingga ketika lampion dilepaskan, maka semua lampion terbang ke atas secara bersamaan.

Saat itu, terlihat dari bawah lampion menghiasi langit Borobudur. Mereka yang ikut menerbangkan lampion terlihat antusias.

“Kami pun memanjatkan doa sebelum menerbangkan lampion itu. Impian kami khususnya kedamaian dunia terutama Indonesia. Supaya dunia penuh kecintaan, cinta kasih dan damai,” ucap Julias Grant (65), asal Bandung yang sudah menetap di Australia hampir 29 tahun ketika ditemui di Taman Lumbini, Candi Borobudur.

Sementara pengunjung lainnya yang ikut serta dalam menerbangkan lampion, Melinia Dinda Safira (19). Mahasiswi Universitas Asyiyah Yogyakarta tersebut datang bersama dengan teman-temannya untuk menerbangkan lampion. Ia sebelumnya bersama dengan teman-temannya telah terlebih dahulu memesan untuk ikut menerbangkan lampion di Taman Lumbini Borobudur.

“Saya suka banget dengan lampion ini karena indah dan keren. Sebelumnya, sudah pesan untuk ikut serta dalam menerbangkan,” tuturnya usai menerbangkan lampion.