Menjelang Lebaran BI Aceh Mempersiapkan Uang Tunai Rp 2 Triliun

Berita Aktual, Berita Properti – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh mempersiapkan uang baru sebesar Rp 2 Triliun demi mempersiapkan lebaran. BI juga sudah menyediakan beberapa lokasi untuk melayani masyarakat Tanah Rencong yang ingin melakukan penukaran uang mereka.

“Pertama kita akan berbicara mengenai periode yang sama pada tahun lalu itu sekitar Rp 2 triliun. Rp 2 triliun uang baru yang diperlukan untuk lebaran. Tentunya tahun ini BI mempersiapkan minimal Rp 2 triliun. Nanti berapa angka pastinya, kita lihat dari perkembangan di lapangan,” ucap Kepala BI Perwakilan Aceh, Zainal Arifin Lubis kepada wartawan, Minggu (12/05).

Pendapatnya, BI akan menjaga kecukupan uang ketika menjelang dan selama lebaran. Selain itu, peredaran uang tersebut tidak hanya di Bandah Aceh saja, namun juga dititipkan ke bank dalam kas titipan.

Kas titipan itu diantaranya di perbankan di Meulaboh, Blang Pidie dan Subulussalam. Bank yang mengalami kekurangan kas titipan langsung dikirim dari BI demi mempermudah masyarakat.

Selain itu, demi memudahkan masyarakat dalam menukar uang, BI juga mempersiapkan sejumlah lokasi di Bandah Aceh. Untuk tahun ini, dibuat kas keliling di empat pasar di ibu kota provinsi Aceh yaitu Pasar Peunayong, Pasar Seutui, Pasar Ulee Kareng dan Pasar Keutapang.

Dari keempat lokasi pasar ini dipilih agar awarga bisa melakukan penukaran uang sambil berbelanja segala kebutuhan.

“Di pasar karena tempat keramaian, orang sedang berbelanja. Orang bawa uang dalam jumlah yang cujup, jadi waktu belanja dapat menyisihkan uangnya untuk dilakukan penukaran di tempat layanan penukaran,” kata Zainal.

Selain di pasar, lokasi penukaran uang juga dibuka di halaman Barata Plaza dekat Masjid Baiturrahman dan di Kantor Bank Indonesia.

“Di Barata itu sama dengan perbankan. Kita juga mengharapkan masyarakat mengoptimalkan penukaran di Barata,” ucap Zainal.