Wow, India Ternyata Memiliki Patung Burung Terbesar di Dunia

Berita Aktual, Berita travel – Patung burung terbesar sedunia rupanya ada di negara India. Patung tersebut diberi dengan nama Jatayu. Patung ini memiliki tinggi sekitar 21 meter dan memiliki panjang sekitar 60 meter.

Ternyata Bukan cuma patung Garuda Wisnu Kencana saja yang memiliki tinggi yang besar, Patung dengan nama lengkap Jatayu Earth Centre ini termasuk juga kedalam nominasi patung tertinggi.

Sesuai dengan nama, patung ini terinspirasi dari Jatayu, sebuah burung mitos yang diceritakan dalam kisah pewayangan di negara India. Penciptanya ialah Rajiv Anchal, sutradara sekaligus pencipta patung terkenal di India.

Dilihat dari situs resmi yang ada, patung ini mulai dibangun pada tahun 2011. 6 tahun lamanya, akhirnya patung jatayu ini mulai diresmikan untuk publik di tahun 2017.

Semula Rajiv memang memiliki niat untuk membawa burung Jatayu yang awalnya merupakan sebuah mitos, menjadi sebuah kenyataan. Dia pun membuat desain patung ini semasa masih kuliah seni di era tahun 1980-an.

Akan tetapi sayang, idenya ditolak ketika dipresentasikan di depan pihak Kementerian Pariwisata india. Meskipun telah ditolak, Rajiv tetap mendapat beberapa ide berharga tentang patung ini.

Bertahun – tahun kemudian, ketika ada proyek tentang wisata berbasis eco-tourism, Rajiv kembali memasukkan proposal tentang patung burung Jatayu, dan ternyata secara tidak diduga proposal miliknya diterima.

Patung ini pun mulai dibangun menggunakan beton, kecuali di area atau sisi cakarnya yang terbuat dari stainless steel. Setelah bertahun – tahun tahap pembangunan, jadilah sebuah patung Jatayu dengan rentang sayap mencapai 45 meteran ini.

Dalam story pewayangan Ramayana, Jatayu diilustrasikan sebagai sesosok burung yang memberikan perlindungan kepada Dewi Shinta ketika diculik oleh Rahwana. Jatayu pun menjadi simbol perlindungan kepada kaum hawa.

Wisatawan dapat masuk ke dalam patung ini karena terdapat beberapa ruangan yang difungsikan sebagai tempat pameran. Destinasi wisata ini dibuka mulai pukul 10.00 sampai 17.00 waktu setempat.

Untuk bisa melihat patung ini, traveler bisa naik cable car. Atau buat rich people, traveler bisa naik helikopter karena landasannya telah disiapkan.

Cara menuju ke tempat patung ini:

Chadayamangalam, dimana patung ini berlokasi di Main Central Road atau jalanan utama yang menghubungkan Angamaly (Distrik Ernakulam) and Kesavadasapuram (Distrik Thiruvananthapuram). Bus selalu lewat di jalanan ini.

Untuk tempat bandara terdekatnya adalah Bandara Internasional Trivandrum. Jaraknya hanya 52 km saja. Atau bisa juga naik kereta, dengan stasiun terdekatnya Kollam Junction (35 Km) dan Stasiun Thiruvanathapuran Central (55 km).