Penyebaran Penyakit Hepatitis A di Jawa Timur

Berita Aktual, Berita Entertaiment – Baru-baru ini daerah Pacitan, Jawa Timur mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) karena banyaknya masyarakat Pacitan terjangkit penyakit Hepatitis A. Pemkab Pacitan sendiri sudah berusaha secara maksimal untuk menekan jumlah pasien yang terjangkit penyakit Hepatitis A.

Hingga kini jumlah pasien penderita Hepatitis A telah mencapai 824 orang.

Jumlah tertinggi pasien Hepatitis A berasal dari wilayah Puskesmas Sudimoro, yakini sebanyak 481 orang dan Puskesmas Ngadirojo sebanyak 149 orang.

Bupati Pacitan Indartato mengaku prihatin atas kejadian yang menimpa warga Pacitan, dia berharap musibah yang menimpa warganya segera berakhir.

“Pemerintah daerah sangat prihatin dengan kejadian semacam ini. Mudah-mudahan warga Pacitan dilindungi Allah SWT dan cepat sembuh dari penyakit Hepatitis A dan tidak ada korbaan jiwa.” ucapnya kepada wartawan di Pendopo Kabupaten, Jumat (28/06/2019)

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH melalui pesan singkat nya menjelaskan masa inkubasi atau masa masuknya penyakit sampai timbulnya gejala berlangsung antara waktu 2-6 minggu

Penyakit Hepatitis A dapat disembuhkan total dengan diberikan obat-obatan yang bersifat menghilangkan gejala yang muncul seperti diare diberikan obat anti diare, kalau demam diberikan obat anti demam dan sebagainya.