Ma’ruf Amin akan meninggalkan jabatannya sebagai ketua di Majelis Ulama Indonesia. Ma’ruf Amin yang sudah ditetapkan sebagai Wakil Presiden 2019-2024 setelah dilantik menjadi wakil presiden nanti.

“Rangkap jabatan itu kan tidak diperbolehkan. Kalau saya dilantik, baru merangkap. Kalau untuk saat ini kan belum, dan wakil presiden kita masih Pak Jusuf Kalla.” kata Ma’ruf Amin di kantor MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Ma’ruf yang saat ini masih menjadi Ketum MUI, dan masih mengikuti kegiatan rapat penting MUI, termasuk rapat penting MUI yang digelar hari ini, Selasa (2/7/2019).

Rencananya Ma’ruf akan menghadiri rapat MUI untuk membahas pengembangan Islam hingga keutuhan bangsa jelang Pilpres 2019.

Rapat ini berlangsung tertutup. Sebelumnya Ma’ruf mengundang sejumlah pengurus MUI Bogor untuk membahas masalah peristiwa terkait wanita membawa anjing ke Mesjid yang menjadi tersangkat kasus penistaan Agama.

Sebelum dilantik menjadi wakil presiden periode 2019-2024, Ma’ruf Amin dikabarkan akan bertemu dengan Wapres Jusuf Kala untuk mendapatkan sejumlah informasi yang dibutuhkan saat menjadi wakil presiden 2019-2024.