Bank Ekonomi Indonesia 2019 Menurun Di Bandingkan Tahun Kemarin.

Beritaaktual.Net,- Jakarta Pusat* Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Tahun 2019 di Indonesia sudah Menurun di bandingkan dengan tahun kemarin Sehingga

beritaaktual.net

Kepala Bank Ekonomi Dunia yaitu Frederico Gil Sander mengatakan bahwa menurunnya prediksi tersebut di sebabkan faktor entimen eksternal masih membebani Indonesia. Sebut saja, perang dagang Amerika Serikat dan Cina, konflik geopolitik global hingga Brexit.

Menurutnya saat ini kebijakan makro ekonomi yang terkoordinasi dan hati-hati telah membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia yang stabil di tengah gejolak global, sekaligus serangkaian bencana alam yang luar biasa. Pada kuartal pertama 2019 pertumbuhan PDB riil Indonesia tetap stabil di tingkat 5,1 persen.

Sementara Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Rodrigo Chaves menambahkan manajemen ekonomi Indonesia yang bijaksana telah membuahkan hasil. Meski pada tahun lalu arus keluar modal dari pasar negara-negara berkembang lebih besar dari pada saat Amerika Serikat meningkatkan tingkat suku bunga pada 2013, ekonomi Indonesia tetap kuat sehingga membantu menurunkan tingkat kemiskinan ke rekor terendah sebesar 9,7 persen pada September 2018.

Untuk mempercepat pertumbuhan dari tingkat sekarang, Indonesia membutuhkan reformasi struktural lebih banyak dan berkesinambungan, sambil mempertahankan kebijakan fiskal dan moneter yang kokoh.

Ke depan, ekonomi Indonesia diproyeksikan tumbuh 5,4 persen pada tahun 2020. Proyeksi ini didukung oleh konsumsi masyarakat, yang diperkirakan akan terus meningkat karena inflasi tetap rendah dan pasar tenaga kerja yang kuat.