Gugat Anies dan Presiden Jokowi Akibat Kualitas Udara Jakarta Memburuk

Berita Aktual, Berita Nasional – Sejumlah warga yang tergabung dalam Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, menggugat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Presiden karena kualitas udara di Jakarta yang semakin memburuk.

Mereka resmi melayangkan gugatan warga negara kepada sejumlah lembaga pemerintahan mealui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).

“Gugatan yang tertuju kepada Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur DKI Jakarta, serta turut tergugat Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Banten.” ungkap Pengacara Publik LBH Jakarta Ayu Ezra Tiara saat dikonfirmasi, Kamis.

Gugatan ini disertai bukti data dari pemantau udara AirVisual yang merekamdata dari dua stasiun pemantau milik Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Saat ini AirVisual mencatat selama dua pekan terakhir kualitas udara di Jakarta beberapa kali menempati kota dengan kualitas udara terburuk di dunia dengan kategori ” tidak sehat “.

Menurut Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih menyebut udara Polusi udara semakin memburuk dalam tiga bulan terakhir akibat musim kemarau dan tidak ada hujan yang terjadi di Jakarta.