Jokowi Naikkan Anggaran Dana Desa Rp 400 Triliun

BeritaAktual.net, Berita Nasional – Presiden Jokowi telah menyiapkan anggaran dana Rp. 400 triliun untuk program dana desa. Dana yang akan dilontarkan untuk menjalankan proram dana desa selama lima tahun mendatang.

Program dana desa dikatakan meningkat dari dana sebelum nya di kabinet kerja 2014-2019 yang hanya sebesar Rp 257 triliun, Diperkirakan untuk tahun depan anggaran dana desa akan meningkat sebesar Rp 75 triliun pada tahun ini.

Perencanaan program dana desa ini disampaikan sendiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo seusai rapat terbatas di istana negara mengenai pagu indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Presiden mengatakan bahwa kenaikan anggaran dana desa ini dapat menambahkan alokasi anggara program dana desa agar pemerataan ekonomi bisa tercapai, temasuk ke pelosok desa.

“Karena sesuai target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional), kami harus mengentaskan ribuan desa tertinggal dan memberikan kenaikan ekonomi pada desa,” imbuh Eko.

Selain itu, ia mengatakan dana desa diperlukan untuk mencapai target pembentukan pada 6 ribu desa mandiri pada tahun ini. Karena pada awal tahun ini, Sekitar 2.700 desa mandiri telah terciptakan.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo memastikan aliran dana desa yang besar tidak akan membebani dan menghambat keuangan negara. Sebab, pemerintah dipastikan akan mendapatkan dampak positif dari penyaluran dana desa tersebut.