TKN Jokowi Balas Farih Soal Bungkam DPR

Berita Aktual, Berita Nasional – Pernyataan kontroversi Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah soal penarikan partai pro-Prabowo Subianto kembali dibalas oleh anggota TKN Achmad Baidowi ( Awiek ).

Wakil Ketua DPR Famzi Hamzah mengingatkan presiden Joko Widodo untuk tidak mengajak parpol Pro-Prabowo Subianto bergabung ke pemerintah demi membuat DPR diam. Pernyataan ini membuat TKN Joko Widodo-Ma’ruf Amin angkat bicara soal tugas dan fungsi DPR.

“Memangnya siapa yang mau membungkam DPR? Sesuai UU MD3, setiap anggota DPR memiliki tugas pengawasan, budgeting, dan legislasi” kata anggota TKN Achmad Baidowi kepada wartawan, Jumat (5/7/2019).

Dia pun menegaskan posisi lembaga DPR tidak berada di bawah eksekutif, dan dia menjelaskan rekonsilasi tidak berarti mengajak parpol pro-Prabowo berpindah posisi. Tetapi untuk mengajak semua orang bergabung untuk membangun bangsa.

“Posisi Anggota DPR sama, hanya saja DPR tidak berada dibawa pemimpin. Kalaupun akhirnya koalisi BPN masuk kedalam kabinet harus dimaknai dengan semangat untuk membangun bangsa. Bukan untuk membuingkam DPR, dan semua itu tergantung parpol masing masing. “

Sebelumnya, Fahri Hamzah mengatakan untuk tidak mengajak partai pro-Prabowo Subianto menjadi bagian dari pemerintahan.