Airlangga Optimis Kader Golkar Jadi Ketua MPR

BeritaAktual.net, Berita Nasional – Ketua partai Golkar, Airlangga Hartarto, optimis bahwa kader terpilih partainya menjadi Ketua MPR. Pada saat yang sama, dia juga mengatakan dia tidak ingin pergi ke kursi menteri.

“Insya Allah (optimis bahwa eksekutif Golkar menjadi Ketua MPR),” kata Airlangga pada pertemuan di Kasablangka, Jakarta Selatan, Sabtu (8/10).

Menurut Airlangga, optimisme partainya cukup mendasar. Karena diskusi itu berlangsung dan dia mengaku mendapat persetujuan dari beberapa partai koalisi yang mendukung Joko Widodo dalam pemilihan Ketua April 2019.

Namun, Airlangga tidak menyebut nama eksekutif yang akan ditunjuk untuk menggantikan Ketua MPR saat ini, Zulkifli Hasan.

“Paket ini dibawa oleh partai-partai. Kami sudah berdiskusi dengan partai lain (tentang Ketua MPR). Partai Golkar sudah pasti menyiapkan kader di sana,” kata Airlangga.

Posisi Ketua MPR saat ini menjadi tujuan beberapa partai, termasuk Gerindra. Partai Prabowo Subianto secara terbuka berbicara kepada presiden Majelis Permusyawaratan Rakyat, karena iniĀ  menjadi bagian dari rekonsiliasi pasca-presiden pada tahun 2019.

Penunjukan eksekutif Gerindra sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dianggap sebagai solusi terbaik karena jabatan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat untuk periode berikutnya akan secara otomatis ditugaskan kepada para pemimpin PDIP sebagai pemenang partai-partai politik. Pemilu 2019.

Sebelumnya, Zainudin Amali, seorang politisi Partai Golkar, mengatakan partai politik koalisi yang mendukung Jokowi-Ma’ruf Amin tidak memiliki masalah jika Ketua MPR untuk periode 2019-2024 ditempati oleh perwakilan partai oposisi.

Menurut Zainudin, sebagai partai politik yang memenangkan jumlah kursi terbesar kedua di PDR, hasil pemilu 2019, wajar jika Golkar menjadi Ketua MPR.

“Saya pikir tidak ada masalah internal di kalangan pendukung Jokowi (Golkar adalah Ketua MPR),” Zainudin mengatakan kepada wartawan di Kompleks Parlemen di Senayan, Jakarta, Kamis (1/3) 8).