Bang Yos : Jika Depok Dan Jakarta Gabung Hanya Akan Dapat Racun Saja

Beritaaktual.Net,Jakarta— Menyusul pidato dari pemerintah Bekasi dan Depok, menyatakan keinginan mereka untuk memasuki wilayah Jakarta, mantan gubernur DKI Sutiyoso mengatakan itu akan menjadi racun bagi Jakarta. “Jika merger terjadi, wilayah Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) tidak bisa diracuni, ujar Sutiyoso dikutip Beritaaktual.Net Jakarta Selasa (27/08).

Sutiyoso mengatakan bahwa zona penyangga ini akan mendapatkan madu mereka jika mereka digabungkan dalam konsep megapolitan yang sebelumnya dia mulai. “Bahkan, perkembangan selanjutnya akan menuju ke mana megapolitan,” ujar Sutiyoso.

 

Dalam konsep megapolitan, Bang Yos, nama panggilan Sutiyoso, menjelaskan bahwa secara umum itu adalah hubungan antara perencanaan tata ruang dan bukan administrasi. Dalam hal administrasi, Bekasi, Depok dan Bogor tetap di Jawa Barat, Tangerang masih di Banten. Namun, daerah ini bersama Jakarta membangun perencanaan tata ruang.

Bang Yos berbicara tentang munculnya pidato seperti itu, karena konsep megapolitan saat ini ditinggalkan dan mengandung Jabodetabek, jalan mereka masing-masing. “Jadi, jika selama ini menghalangi mereka, koordinasi tidak akan berhasil,kata Bang Yos dikutip Beritaaktual.Net Jakarta Selasa

Sebelumnya, Walikota Bogor Bima Arya mengusulkan Bogor dengan Bekasi sebagai salah satu daerahnya. Namun, Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan dia lebih suka bergabung dengan Jakarta.

Effendi mengatakan ikatan Bekasi lebih dekat ke Jakarta karena kehadiran TPST Bantar Gebang. Senada dengan Effendi, Walikota Depok, M Idris Abdul Somad, juga memilih untuk bergabung dengan Jakarta daripada Bogor.

Menurutnya, Depok dan Jakarta memiliki banyak kesamaan dengan budaya Betawi. Selain itu, ia menambahkan, hampir setengah dari penduduk Depok tambahan melakukan perjalanan setiap hari ke Jakarta untuk bekerja.