BNPB dan TNI Akan Menyiapkan 2 Teknologi Pesawat Yang Sudah Dimodifikasi Untuk Prediksi Cuaca

Beritaaktual.Net,Jakarta– Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan pihaknya siap jika beberapa daerah membutuhkan bantuan untuk mengatasi kekeringan atau kebakaran hutan dan lahan. Menurut Plt. Kepala pusat data, informasi, dan hubungan masyarakat BNPB, Agus Wibowo, saat ini tidak memiliki permintaan bantuan dari pemerintah daerah.Sejauh ini, pemerintah daerah belum meminta bantuan kami, sehingga mereka masih dapat mengatasinya secara individu, ujar Agus kepada wartawan yang dikutip Beritaaktual.net di gedung BNPB di Jakarta,Sabtu (31/08/2019).

Agus mengatakan bahwa pada saat itu, pihaknya sedang menunggu pesawat militer yang terhubung dengan pesawat untuk Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Diharapkan dua pesawat untuk TMC akan disiagakan untuk menangani bencana terkait dengan musim kemarau.

Badan Meteorologi, Iklim dan Geofisika (BMKG) sebelumnya menyatakan bahwa musim kemarau akan berlanjut hingga Oktober 2019. Bahkan, di beberapa daerah seperti Jawa Timur, NTT, NTB dan Bali pada November 2019, curah hujan akan tetap rendah.

Kepala Sub Bidang Analisis dan Informasi Iklim BMKG Adi Ripaldi mengatakan, tahun 2019 musim hujan akan mengalami keterlambatan sekitar 10 hingga 20 hari. Selain itu, iklim pada tahun ini lebih kering daripada tahun lalu dan menyebabkan titik hotspot bertambah dibandingkan periode waktu yang sama pada 2018.