JK Menyarankan PLN Bangun Sistem Kabel Bawah Laut

Beritaaktual.net, Berita Nasional – Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan PT PLN (Persero) seharusnya dapat membangun sistem kabel bawah laut Sumatera-Jawa untuk mengantisipasi listrik mati. Walau sebenarnya upaya tersebut itu pernah direncanakan namun urung dilaksanakan PLN.

“Dulu sebenarnya ada rencananya, tetapi dibatalkan oleh PLN. bagaimana Sumatera-Jawa itu ada grit, tersambung kabel bawah laut. Itu seharusnya segera direalisasi karena sudah ada dana untuk dilakukan namun dibatalkan saja oleh PLN,” ujar JK di kantor wakil presiden, Jakarta, Selasa (6/8).

Cara ini sebenarnya dinilai sangat efektif untuk mencegah mati listrik khususnya di wilayah Jakarta. Jika ada permasalahan pada pembangkit listrik di Jawa Barat.

Akan tetapi, proyek tersebut batal untuk dilaksanakan karena lantaran PLN menganggap kebutuhan listrik di Pulau Jawa telah sangat terpenuhi. Sementara, menurut JK, bahwa kebutuhan listrik setiap tahun terus meningkat.

“Listrik itu suatu infrastruktur yang tidak pernah selesai, Dan tiap tahun harus dibikin lagi, setidaknya 6.000 (MW), 6.000, 6.000 terus menerus. Itu terjadi karena penduduk bertambah, industri bertambah semua butuh listrik,” katanya.

Walau PLN sudah menjelaskan listrik mati karena ada gangguan pada sisi transmisi di Ungaran dan Pemalang 500 kV. Akibatnya transfer energi dari timur ke barat mengalami kegagalan.