MA Meluncurkan Aplikasi Litigasi Elektronik

Beritaaktual.Net,Jakarta Pusat– Mahkamah Agung (MA) telah meluncurkan aplikasi e-Litigasi yang akan diterapkan ke pengadilan umum, pengadilan agama dan pengadilan administrasi negara. Aplikasi litigasi online yang telah diluncurkan adalah kelanjutan dari pengadilan elektronik yang telah diterapkan pada kasus-kasus sipil, agama, sipil, administrasi militer dan administrasi negara sejak tahun lalu.

Hakim Agung Hatta Ali menyatakan bahwa litigasi online yang diluncurkan pada peringatan ulang tahun ke-74 Mahkamah Agung adalah implementasi dari penerbitan peraturan Mahkamah Agung (Perma) No. 1 Tahun 2019 tentang administrasi dan penilaian putusan melalui sarana elektronik. Perma telah direvisi dari Perma No. 3 tahun 2018 tentang administrasi di pengadilan elektronik.

Dalam Perma 1 tahun 2019, sistem persidangan elektronik baru dikembangkan, termasuk pertukaran dokumen pengadilan (balasan, balasan, duplikat dan kesimpulan), bukti, ajudikasi, dan pengambilan keputusan. kepada para pihak. Di e-Court, migrasi dari sistem manual ke sistem elektronik baru dilakukan dalam administrasi bisnis, sedangkan dalam perselisihan elektronik saat ini, migrasi sepenuhnya dilakukan hingga persidangan.

Sistem elektronik tidak hanya digunakan dalam rekod kes, bayaran jaminan dan rayuan pihak, tetapi juga digunakan sebagai pertukaran untuk dokumen respons, bukti dan keputusan elektronik,ujar Hatta Dikutip Beritaaktual.Net Gedung MA Jakarta (22/08).

Litigasi elektronik, kata Hatta, juga akan memperluas cakupan mata pelajaran yang memenuhi syarat untuk layanan keadilan. Awalnya dibatasi untuk pengacara, sekarang juga untuk pengguna lain, termasuk jaksa dan pengacara yang ditunjuk secara lokal yang ditunjuk oleh orang hukum yang berkualifikasi dan pengacara sebagai pengguna sistem informasi peradilan,Kata Hatta.

Penerapan litigasi elektronik untuk persidangan di tingkat pertama, diikuti dengan penggunaan pengadilan elektronik untuk banding, kasasi, dan peninjauan kasus-kasus yang menggunakan litigasi elektronik di tingkat pertama.