300 Orang Yang Menggunsi Ke Wamena Di Bantu TNI AU Menggunakan Pesawat Hercules

Beritaaktual.Net,JAYAPURA– Angkatan Udara Hercules pesawat dengan 300 pengungsi dari layanan di Wamena, Jayawijaya di Forward Operating Base Lanud Papare Silas, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (27/09-2019). Skuadron Udara Komandan (Danskadud) 32 Lanud Abdul Rahman Saleh, Malang, Jawa Timur, Letkol Surya PNB Anggoro setelah mendarat dari Wamena di Forward Operating Base Lanud Silas Papare Sentani, Kabupaten Jayapura mengatakan dari pagi sampai malam, kami melakukan dua penerbangan.

Dengan cara kita diperintahkan keluar dan baru untuk Biak Numfor sekitar 03:30 CET sebelumnya, dan segera melakukan evakuasi 2 kali, Insya Allah direncanakan tiga kali sore ini,ujar Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso.

http://www.beritaaktual.net

Menurut dia, dari dua kali penerbangan pesawat Hercules yang diawakinya bersama 15 orang kru telah mengangkut 300 orang pengungsi. “Total dua kali penerbangan itu 300 penumpang, yang tadi baru turun sebanyak 150 orang dan untuk bantuan sosial itu tadi 12 ton per pesawat yang diangkut ke Wamena. Dan sekarang juga akan segera dinaikkan bantuan sosial yang kedua,” katanya.

Ketika ditanya tentang kondisi geografis dan rendah di Papua, Letkol Surya mengatakan PNB digunakan untuk pilot dan pesawat Hercules. “Kami adalah pilot Hercules, jadi saya terbiasa untuk terbang dengan kondisi alam yang cukup ekstrem, kami terbang sangat akrab ke Wamena,ucap Budi Santoso.

Dia mengatakan dia termotivasi karena tanah di Wamena, Jayawijaya, warga tampak antusias. “Lihatlah semua yang Anda ingin terbang ke Jayapura,” kata Letkol Anggoro Surya GNP.

Selain itu, Yudi salah satu orang yang menjadi korban di Wamena, Jayawijaya mengaku cukup trauma dengan kondisi hari-hari terakhir. “Secara umum, orang ingin memilih untuk pulang ke kampung halaman saya karena saya melihat bahwa situasi tidak stabil,” ujarnya.

 

Sejauh ini, data yang diperoleh Antara dari berbagai sumber, jumlah pengungsi dari Wamena, Jayawijaya kabupaten Sentani, Jayapura sebanyak 1.096 orang.