Hutan Di Leuhan Aceh Barat Sudah 80% Padam

Beritaaktual.Net,Aceh– Sekitar 80% dari total luas 2,1 hektar kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di wilayah Leuhan Desa, Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat telah dipadamkan.

“Sejauh ini api sudah dikendalikan, kami mengharapkan 100% dapat dipadamkan,” ujar koordinator Pusat Pengendalian Operasi (operasi pusat) Kabupaten BPBD Aceh Barat, Mashuri kepada Antara di Meulaboh, Minggu (22/09).

http://www.beritaaktual.net

usaha kerjak keras kami ini telagh melibatkan puluhan Aceh Barat BPBD petugas pemadam kebakaran, militer, polisi, masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya. Menurut dia, kebakaran hutan dan lahan di daerah tersebut telah terjadi sejak Rabu (18/09) dan sekarang di bawah kendali oleh kami.

Meskipun sumber air minim di sekitar kebakaran tersebut, namum harus konmpak sehingga kami mengambil inisiatif untuk menyebarkan armada 3 unit kebakaran dan satu unit armada kecil pemadam kebakaran, serta sejumlah tim lainnya.

Mashuri mengakui lahan dan tanaman di lokasi kebakaran lahan di kawasan Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat tersebut merupakan lahan yang sangat rawan terbakar.

Lahan/Hutan tersebut merupakan lahan yang kering (gambut) sehingga lahan tersebut mudah untuk kebarana jika ada api kecil dan pada saat itu cuaca juga sedang tidak bagus sehingga kebakaran tersebut langsung penyebaran menjadi beberapa titik,ujar Mashuri.

Sebaiknya kita harus saling menjaga dan saling memperingati 1 sama lain untuk tidak bermain apa dalam lahan yang sangat kering di karena bisa membuat lahan tersebut kebakaran dan dapat menyebar dengan cepat ke lahan-lahn lainnya,kata Mashuri.