Ibu Kota Jakarta Masuk Kejajaran Kota Ke-3 Dalam Terpolusi Di Dunia

Beritaaktual.net,Jakarta — DKI Jakarta kembali menempati posisi ketiga di antara 89 kota besar di dunia berdasarkan metrik kualitas udara yang diterbitkan oleh AirVisual Pada hari Minggu pagi (08/09 AQI US) 130 atau diklasifikasikan sebagai tidak sehat untuk komunitas sensitif.

 

Angka ini 23 poin lebih rendah dari Dubai, Uni Emirat Arab, yang menempati urutan pertama di kota dengan kualitas udara terburuk (153), dan Beijing, Cina, yang menempati peringkat kedua di antara kota-kota yang paling tercemar di dunia, dengan indeks 137. AirVisual menunjukkan bahwa kualitas udara tidak sehat untuk kelompok sensitif dengan parameter polutan yang konsentrasinya dalam MP2.5 adalah 47 , 5 μg / m3.

http://www.beritaaktual.net

Pemerintah DKI Jakarta menanggapi masalah pencemaran udara dengan mengeluarkan Instruksi Gubernur (Ingub) nomor 66, tahun 2019, mengenai kontrol kualitas udara di ibukota. Instruksi ini kemudian dilaksanakan melalui kebijakan memperluas bidang teknik lalu lintas dengan plat nomor ganjil, untuk menekan populasi kendaraan sebagai pemicu polusi.

 

Jakarta juga sedang melakukan uji emisi untuk membatasi usia penggunaan kendaraan yang bepergian di wilayah tersebut. Selain itu, pemerintah provinsi DKI Jakarta juga telah mengintensifkan pengawasan terhadap pabrik-pabrik yang mungkin melanggar peraturan lingkungan dan mengintensifkan reboisasi di sejumlah daerah.