Jokowi Akan Terus Menyempurnakan Struktur Kabinet Pemerintahan

Beritaaktual.Net, Jakarta– Sekretaris Jenderal IDP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden PDIP Megawati Soekarnoputri telah membahas masalah para menteri pemerintahan berikutnya. Hasto mengatakan struktur perusahaan saat ini terus membaik. “Dialog telah terjadi, struktur kabinet telah diputuskan, meskipun perbaikan masih dilakukan,” ujar Hasto Kristiyanto dalam pernyataan resmi yang diterima di Jakarta, Senin (9/9).

Hasto melanjutkan, bahwa struktur pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin sedang diselesaikan. Namun, ia menambahkan, keputusan akhir akan tergantung pada dialog antara presiden dan jenderal partai politik.

“Dan momen yang tepat setelah pelantikan presiden terpilih dan wakil presiden pada 20 Oktober,” katanya.

Hasto melanjutkan, dalam konteks ini, mekanisme di PDIP mengatakan finalisasi akan dilakukan antara Jokowi dan Megawati Sukarnoputri. Termasuk, katanya, diskusi difokuskan pada kandidat untuk jabatan menteri IDP.

Namun, dia mengakui bahwa dia masih belum bisa mengungkapkan nama menteri masa depan yang kemungkinan akan menghadiri kinerja Presiden karena mereka masih terlibat dalam dialog. Ini berarti bahwa pertemuan tidak akan dapat menyelesaikan struktur dan penempatan nama di perusahaan.

Alasannya, lanjut Hasto, terkait dengan visi utama untuk memajukan Indonesia Raya. Dia menambahkan bahwa dialog juga akan dilakukan dengan melibatkan ketua umum dari partai-partai lain.

“Kami juga menyadari bahwa masing-masing pihak memiliki tujuan politik dalam menentukan posisinya, dan di situlah dialog berlangsung, dan Mr Jokowi memiliki hak prerogatif dalam hal ini,” kata Hasto.

Dia mengatakan jelas bahwa dialog akan berakhir ketika Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan komposisi pemerintah. Dan ini terjadi setelah pelantikan 20 Oktober. “Kami berharap pengumuman ini akan sejalan dengan pemerintahan yang baik, setelah presiden dan wakil presiden dipilih oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat,” kata Hasto.

PDIP, ungkapnya, terus mengkonsolidasikan partainya untuk siap mendukung kebijakan presiden. Partai, ujarnya, akan menghadapi untuk memimpin gerakan akar rumput dalam meningkatkan sumber daya manusia. “Dan tentu saja, itu membutuhkan koordinasi yang baik dengan pemerintah,” katanya.

Selain didominasi oleh para profesional, kabinet Jokowi juga akan memiliki menteri di bawah usia 30 yang bukan anggota partai politik. Menteri muda juga berencana untuk memimpin mantan menteri.