Pendiri Kaskus Online Dilaporkan ke Polisi, Diduga Melakukan Pencucian Uang

Beritakatual.Net,Jakarta– Pendiri forum obrolan online Indonesia, Kaskus, Andrew Darwis telah dilaporkan ke polisi karena dugaan kasus pemalsuan dan pencucian uang (TPPU). Laporan itu ditulis oleh seorang warga bernama Titi Sumawijaya Empel pada tanggal (13/05/2019). Komisaris Argo Yuwono, petugas hubungan masyarakat untuk Kepolisian Metro Jaya, juga mengkonfirmasi laporan tersebut. “Ya, memang ada laporan (dengan Andrew Darwis dilaporkan),” ujar Argo setelah konfirmasi Senin (16/9).

Dihubungi secara terpisah, pengacara Titi, menjelaskan Jack Lapian, cerita dimulai ketika Titi meminjam 15 miliar Rupiah dari David Wira, yang menjadi tangan kanan Andrew Darwis pada November 2018. Dengan meminjam uang Titi juga jaminan pembangunan sebuah bangunan di Jalan Panglima Polim, selatan Jakarta.

“David Wira dicurigai sebagai tangan kanan Andrew Darwis. Wartawan (Titi) ingin meminjam 15 miliar rupiah tetapi hanya 5 miliar rupee telah dibuat,” kata Jack dalam pernyataannya.

http://www.beritaaktual.net

Namun, Jack mengungkapkan bahwa pada awal Desember 2018, sertifikat bangunan telah berganti nama menjadi Titi tetapi Susanto. Kemudian sertifikat itu diganti namanya menjadi Andrew Darwis

Dia juga menduga bahwa sertifikat tersebut telah diberikan kepada Bank UOB. “Sertifikatnya sekarang diduga telah digunakan secara luas oleh saudaranya Andrew Darwis di UOB Bank,” kata Jack.

 

Dia menyatakan bahwa kliennya merasa ditipu dan melaporkan Andrew Darwis ke polisi. Laporan tersebut dimuat dalam LP / 2959 / V / 2019 / PMJ / Dit. Reskrimsus pada (13/05/2019).

Artikel yang dituduhkan adalah Pasal 263, ayat 2, KUHP dan, atau, Pasal 378 KUHP dan, atau, Pasal 3, 4 dan 5 UU TPPU No. 8 tahun 2010. Jack menambahkan bahwa polisi akan memanggil kliennya siang ini sebagai saksi. Pemeriksaan adalah panggilan pertama ke Titi.