3 Alasan Honda Brio Lebih Unggul Dari Toyota Agya

Berita Aktual, Berita Otomotif – Brio Satya dan Toyota Agya saat ini bersaing ketat di pasaran mobil perkotaan.

Pasar yang diincar oleh kedua produsen mobil ini sama, keduanya mengincar pembeli pertama dan pemuda yang memilih punya mobil yang kompak.

Namun ada 3 alasan untuk memilih mobil bermerk Honda tersebut ketimbang mobil keluaran Toyota.

Dari segi tampilan Honda Brio jauh lebih unggul karena memiliki luas bagian dalam yang lebih besar dari Toyota Agya. Sedangkan untuk tampilan luar Honda Brio banyak meniru tampilan depan  Mobilio, hal ini terlihat jelas dari segi lampu yang di gunakan. Sementara Agya lebih memilih tampil moderat dengan single grill yang lebar.

Baca juga : Presiden Filipina Duterte Alami Kecelakaan Sepeda Motor Di Kompleks Istana Presiden

Dari segi luas bagian dalam Honda Brio ia jauh lebih luas dengan Wheelbase yang lebih panjang sekitar 6 cm dan body 16 cm. menghadirkan ruang kaki penumpang belakang yang lebih luas dan bagasi yang lebih lebar.  Alhasil penumpang pun bisa lebih luas duduk di bagian belakang, kenyamanan yang di tawarkan Honda Brio tidak sampai di situ saja pada bagian kursi pun di berikan head rest pada semua kursi penumpang sehingga semua penumpang bisa duduk dengan nyaman pada perjalanan jauh.

Image result for brio

Dari segi interior pun Honda Brio banyak berubah dari seri sebelumnya, dimana tatanan dasbor yang di beri list oranye dan bentuk stir yang jauh lebih menyenangkan dari kompetitornya Toyota Agya.

Image result for brio interior 2019

Toyota Agya yang merupakan Kompetitor Brio pun mengusung mesin 4-silinder1.2 liter, dual VVT-I berdaya 86.7 HP dan torsi 107 NM, untuk di bagian transmisi otomatis agya sudah menggunakan type konvensional 4-speed. Dan untuk manual sudah tersedia 5-speed. Sementara Brio yang sudah ditenagai mesin 4-silinder 1,2-liter dan berteknologi katup variabel. Di sektor ini imbang. Hanya saja dari segi semburan tenaga yang di keluarkan Brio Satya sedikit lebih besar, 88,7 Tk dan torsi 110 Nm. Brio pun mengandalkan transmisi CVT. Baik manual atau otomatis rasa saat mengendarai keduanya amatlah berbeda.
Related image

Di sisi lain Brio lebih unggul dari sisi fitur keselamatan. Tersisip system piranti pengereman ABS+EBD, selain Brio juag mengusung system dual SRS airbag. Bahkan pengereman ABS+EBD itu sudah terpasang sebagai standar dari Brio Satya mulai dari tipe S. Sedangkan Agya dilengkapi dengan ABS, namun hanya ada di seri atas/TRD saja. Tapi Toyota Agya pun punya ISOFIX, yang berfungsi untuk keamanan kala membawa bayi pakai child seat.
Image result for toyota agya ISOFIX

Sarana hiburan yang di sediakan keduanya dapat dibilang imbang. Mereka memakai headunit 2 DIN, dan dilengkapi dengan koneksi Bluetooth plus audio steering switch untuk kemudahan pengaturan suara saat berkendara. Jadi kalau anda mencari mobil LCGC yang menyenangkan dan nyaman di segala aspek, Brio layak ditaruh di posisi paling atas, barulah Agya. Toyota menjual Agya TRD AT dengan harga Rp 158,6 juta OTR untuk kota Jakarta. Sedangkan Honda membanderol Brio Satya E CVT Rp 167,6. Memang lebih mahal, tapi sepadan untuk mengongkosi kenyamanan berkendara.
Related image