Tren Kolam Ikan Di Saluran Air Pembuangan Jepang Mulai Di Tiru Indonesia

Berita Aktual, Berita Nasional – Untuk menikmati pemandangan selokan yang penuh dengan ikan kita tidak harus pergi ke Jepang, beberapa daerah di jawa telah mengikuti tren tersebut.
Seorang pria yang tinggal di kabupaten Klaten contohnya dirinya sudah menyulap selokan air depan rumahnya dengan membuat Kolam ikan.

Related image

Ikan yang di pelihara oleh pak Yohanes Joko Sutjipto di selokan di depan rumahnya cukup banyak ikan – ikan ini terdiri dari jenis ikan Nila dan Koi.

Jernihnya air tersebut membuat ikan – ikan ini jelas mondar mandir di selokan menambah keindahan selokan tersebut .

“Awalnya saya sudah membudidayakan ikan mas dari tahun 1996 namun beberapa tetangga menyarankan untuk memberi tambahan ikan Koi,” ujar pria yang berusia 76 tahun tersebut.

Awalnya beliau mulai membuat kolam ikan ini dengan modal kawat penyaring air yang ditempatkan pada dua ujung di selokan sepanjang 10 meter dan dengan lebar 1 meter, namun pada usaha pertamanya beliau mengalami kegagalan yang mengakibatkan ikan lolos dari saringan.

Baca juga : Eksotisnya Kandang Godzilla Di Tangerang

Pada pecobaan kedua beliau mengganti saringan yang digunakan serta memperkokoh beton di dinding serta lantai selokan. Dan akhirnya meskipun sedikit lama upayanya menghasilkan hasil yang cukup baik. Dan alhasil jadilah selokan ikan yang bisa di nikmati warga yang melintas di depan rumahnya itu.

Pak Joko pun mengaku belum pernah kehilangan ikan yang di peliharanya meski tidak memakai penutup, dan untuk pangan ikan tersebut Pak Joko lebih memilih menggunakan pakan alami berupa sisa makanan dari masakan rumah sperti nasi, roti,tahu dan tempe ketimbang pakan buatan.

Bahkan pengunjung juga boleh mmeberikan makan pada saat berkunjung ke tempat itu.

Related image

Hobby Pak Joko ini pun berubah menjadi penghasilan tambahan untuk beliau, ikan hasil peliharaan Pak Joko ini sering di beli oleh para pengunjung ikan – ikan ini di banderol dengan harga 300 – 600 ribu per ekor, bahkan pernah di beli oleh salah satu Perwira TNI AU untuk keperluan jenderal memancing.

Namun usaha budidaya ini tidak lah selalu berjalan mulus banyak kendala yang di hadapi oleh Pak Joko, salah satunya adalah masalah sampah yang dibuang ke selokan. Sehingga setiap hari menjadi rutinitas Pak Joko untuk membersihkan ujung selokan setiap hari.

Image result for ikan di saluran air