Ayah Pembalap Fitra Eri Beberkan Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Jimny Baru

Berita Aktual, Berita Otomotif – Jakarta – Fitra Eri ajak sang ayah mencoba Suzuki Jimny baru.

Pembalap Indonesia yang juga aktif membuat Vlog di YouTube, Fitra Eri, belum lama ini mengajak ayahnya untuk mencoba mengendarai Suzuki Jimny anyar.

Baca Juga : Profil Andi Gilang Pembalap Indonesia yang Akan Berlaga di Moto2

Pada vlog tersebut, Fitra Eri menjelaskan, ayahnya yang sudah berusia 73 tahun pernah memiliki beberapa jenis Suzuki Jimny.

“Suzuki Jimny ada ikatan emosional dengan beliau. Karena sudah tiga kali keluarga kami membeli Suzuki Jimny dari era 80an. Mulai dari Suzuki Jimny Jangkrik, yang 800 cc, Suzuki Jimny SJ410 4×4 dan di tahun 90an, keluarga kami membeli Suzuki Jimny Katana,” jelas Fitra Eri di awal Vlog-nya.

Sambil mengemudikan mobilnya, Fitra Eri pun meminta komentar ayahnya tentang Suzuki Jimny generasi keempat itu.

“Posisi duduknya lain sekali… Posisi duduknya (Suzuki Jimny) yang dulu lebih tinggi, kalau yang ini lebih tinggi dasbornya,” katanya sesaat setelah duduk di kursi pengemudi.

 

Fitra Eri ajak sang ayah mencoba Suzuki Jimny baru

Meski sudah berumur, sang ayah terlihat tetap lihai dalam mengemudikan mobil bermesin 1.462 cc itu.

“Setirnya enak, enteng. Cuma ini (layar entertainment) mengganggu pandangan. Itu bedanya, dulu nggak ada. Mungkin kalau untuk orang yang tinggi nggak papa. Tapi kalau yang tingginya ngepas itu agak mengganggu. Selebihnya bagus, bantingannya bagus,” katanya.

Selain itu, radius putar pun jadi sorotan sang ayah. Ia mengatakan kalau dibanding dengan Suzuki Jimny lawas, radius putar Jimny anyar ini lebih kecil “Kecil sekali radius putarnya. Kalau zaman dulu sangat besar… Nggak bisa muter, jadi sering nggak bisa muter. Nabrak gitu, harus mundur lagi,”

Urusan dapur pacu, ayah Fitra Eri mengakui mesin Suzuki Jimny anyar ini bertenaga, meski tetap agak limbung “Sama seperti Jimny dulu, limbung. Cuma kalau dulu keras, ini empuk, enak,”

“Bantingannya enak. Buat orang yang baru belajar nyetir enak, nih,” kata sang ayah.

Saat sudah di jalan tol, sang ayah pun menginjak pedal gas agak dalam hingga mobil melaju 100 kilometer per jam. Fitra Eri pun menannyakan perbandingannya dengan Suzuki Jimny lawas “Wih, 100 ya. Kalau dulu udah maksimum, udah nggak bisa lebih cepet lagi. Wah, goyang semua, mental-mental kalo dulu bawa Jimny sampe 100 kpj,”

“Ini (Suzuki Jimny) kalau di kota cuma satu kekurangannya. Nggak ada electric parking brake dengan auto hold,”

Jelang akhir video, Fitra Eri pun bertanya kesimpulan dari Suzuki Jimny anyar ini “Bagus. Layak dibeli, cuma kalau untuk dalam kota kurang Electric Parking Brake dengan auto hold. Itu aja kurangnya.”

Baca Selanjutnya : Lamborghini Siapkan Mobil Listrik Tanpa Baterai