Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Agar Awet Muda

Berita Aktual, Berita Otomotif –  Sampai sekarang sudah terbukti bahwa sepeda motor masih menjadi pilihan andalan masyarakat di Indonesia.

Dengan bentuk yang sangat kecil serta konsumsi BBM yang irit membuat sepeda motor menjadi pilihan utama untuk di gunakan pada jalan perkotaan.

Saat ini sudah banyak beredar jenis kendaraan roda dua, mulai dari sepeda motor berjenis matic, bebek, maupun motor lelaki.

Teknologi yang di gunakan pun sudah sangat berbeda, pabrikan kendaraan sepeda motor pun ikut memberikan teknologi teknologi terbaru mereka yang cukup canggih, pada sepeda motor yang di produksi guna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Walaupun sudah di bekali oleh teknologi yang cukup mutakhir, kendaraaan ini pun harus mendapatkan perawatan yang layak dari para pemiliknya.

Endro Sutarno sebagai Technical Service Division dari PT. Astra Honda Motor pun ikut memberikan trik yang cukup jitu. Agar sepeda motor anda tetap sehat dan terbebas dari masalah yang ada.

Untuk varian motor sport dan motor bebek, sangatlah wajib melakukan perawatan pertama di bagian rantai sepeda motor. Pengguna kendaraan ini harus bisa melihat kondisi rantai dari segi fisiknya.

Perawatan rantai pada sepeda motor ini terbilang cukup mudah hanya ada 2 penyakitnya hanya kendur dan kering. Jika kendur harus dilakukan penyetelan dan jika kering harus di berikan pelumas.

Endro pun juga mengatakan kalau rantai sering terkena air hujan maka pemberian pelumas bisa di aplikasikan seminggu sekali, untuk menjaga keawetan rantai.

Ausnya rantai pada kendaraan motor bisa terjadi karena kurangnya perawatan seperti kendur dan kotor, tentu saja tidak memperhatikan perawatan rantai ini bisa mengakibatkan pendeknya umur rantai dan gir motor anda.

Sedangkan untuk sepeda motor berjenis Matic yang sangat di germari perlu di perhatikan di bagian komponen penting seperti CVT, bagian inipun harus menjalani pemeriksaan rutin setiap 8.000 Km sekali. Karena bisa saja komponen ini kotor atau sudah aus.

Jika sudah aus maka harus segera di ganti dengan part yang baru agar menjaga kualitas kendaraan anda.