Haruskah Memberi Anak Jus Buah Setiap Hari?

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Jakarta – Jus buah memang sehat dan menyegarkan namun kata dokter anak mengungkapkan hal lain, Minum jus buah di pagi hari menjadi pilihan tepat untuk memulai aktivitas dengan lebih sehat namun beberapa catatan jika ingin memberikan jus buah pada anak khususnya yang masih bayi.

Haruskah Memberi Anak Jus Buah Setiap Hari?

America Academy Of Pediatrics (AAP) yang mengatakan jus tidak memberikan manfaat  gizi bagi bayi sebelum ulang tahun pertama mereka.

Bahkan menurut AAP anak-anak yang lebih besar harus membatasi asupan mereka untuk meminimalkan risiko penambahan berat badan dan kerusakan gigi.

Baca Juga : Hati-hati renang di danau pria ini nyaris meninggal karena infeksi cacing parasit

Sementara membatasi konsumsi gula dan kalori adalah penting Dr. Wanda Abreu seorang dokter anak di New York Presbyterian Mogam Stanley Children Hospital memiliki pendapat lain Anak-anak lebih baik hanya menakan buah itu sendiri.

Ia menjelaskan bahwa jus memang mengandung vitamin dan gula alami yang sama dengan yang di temukan dalam buah utuh tetapi jus tidak mengandung serat kenyang dan mambantu penvernaan lebih sehat an membuat apel atau jeruk camilan yang memuaskan.

Haruskah Memberi Anak Jus Buah Setiap Hari?

Akibat jus lebih sedikit menyegarkan dan lebih mudah dikonsumsi berlebihan dari pada buah asli di sisi lain jus ini memberikan dosis gula yang lumayan langsung ke aliran darah yang kesemuanya dapat meningkatkan berat badan, plus jika anak-anak minum jus sepanjang hari dari botol atau cangkir susu itu akan melapisi gigi mereka dalam gula yang menyebabkan karang gigi terhadap anak.

Meski begitu Abreu mengatakan orang tua tidak perlu merasa bersalah jika anak-anak mereka sesekali minum jus Namun perlu di catat bahwa jus yang di berikan  adalah murnih dan tidak mengandung gula tambahan.

AAP sendiri menawarkan rekomendasi berdasarkan usia yakni tidak ada jus sama sekali untuk bayi yang lebih dari 4ons perhari untuk balita hingga 6ons perhari untuk anak-anak usai 4 hingga 6tahun dan maksimal 8ons per hari untuk anak-anak yang lebih besar.

Baca Juga : Waspada 6 Peringatan Dini Kadar Gula Darah Tinggi Anda Cegah Sebelum Terlambat