Mengenal Isle of Man TT, Balap Motor Paling Berbahaya di Dunia, Hingga Valentino Rossi Pun Takut Bersaing Disini

Berita Aktual, Berita Otomotif – Siapa yang tidak mengenal sosok Valentino Rossi atau yang lebih di kenal dengan julukannya The Doctor.

Pembalap kelahiran tahun 1979 ini mengaku pernah di tawari untuk mencoba lintasan Isle of Man Tourist Trophy yang merupakan balapan motor paling menakutkan.

Pada tahun 2009 Rossi pernah di tawari untuk mencoba lintasan ini, namun kesempatan ini di tolak mentah mentah oleh The Doctor, “Balapan ini sangat berbahaya dan tak ada celah untuk melakukan kesalahan sedikitpun di sini, kesalahan kecil bisa berakibat sangat fatal disini.” Ujar Rossi.

Namun bukan berarti dia tak pernah mengaspal di lintasan ini, Rossi yang merupakan teman dekat Guy Martin salah satu pentolan Isle of Man Tourist Trophy ini pernah ikut dalam parade mengelilingi Sirkuit Snaefell Mountain Course.

Image result for guy martin valentino rossi

Mengapa Isle of Man TT dianggap sangat berbahaya?, mari kita telusuri penjelasannya.

Isle of Man TT adalah sebuah kompetisi balap yang dilaksanakan di Island of Man, sebuah pulau dan Crown Dependency yang berada di antara Britania dan Irlandia.

Event ini berlangsung setiap tahunnya di jalanan umum melewati perbukitan, pedesaaan, kawasan pemukiman dan perkotaan.

Yang membuat balapan ini menakutkan adalah situasi keamanan yang di sediakan di ajang ini, sangat berbeda jika kita bandingkan dengan sirkuit – sirkuit MotoGP yang sangat lengkap.

Image result for Isle of Man TT Mountain Course guy martin

Pada balapan ini tidak terdapat gravel, tembok ban dan kerb seperti di sirkuit balapan pada umumnya, tentu saja hal ini dapat berakibat fatal ketika pembalap mengalami kecelakaan saat memacu kuda besi mereka. Bisa saja mereka masuk ke jurang, menabrak pohon atau tembok rumah penduduk.

Image result for Isle of Man TT Mountain Course guy martin

Event Isle Of Man ini pertama kali diadakan pada tahun 1907.

Hingga saat ini event ini sudah memakan korban sebanyak 270 pembalap sudah menjadi korban.

Image result for Isle of Man TT Mountain Course

Namun bukan berarti para pembalap MotoGP tidak ada yang pernah mencoba lintasan ini, beberapa nama yang sudah tidak asing bagi para pecinta balapan MotoGP pernah menjuarai event ini  sebut saja seperti Mike Hailwood pada tahun 1961, Giacomo Agostini pada tahun  1966,  Phil Read pada tahun  1977, dan John Surtees pada tahun 1960.