Munculnya Ikan Aneh Dari Dalam Laut

Berita Aktual, Berita Nasional – Baru – baru ini warga kota Makassar,Sulawesi Selatan kembali di hebohkan dengan penemuan ikan pemberi tanda malapetaka.

Image result for oarfish

Ikan yang di anggap sebagai ikan pemberi pesan akan terjadi malapetaka ini di temukan oleh seorang nelayan asal Bulukuma yang bernama Haerul.

Nelayan berusia 29 tahun ini bersama dengan tujuh rekannya, yang sudah delapan hari mencari ikan di sekitar Pelabuhan Pamatata, Hingga pada hari terakhir, kapal Anugerah Indah yang digunakan Haerul dihampiri ikan Oarfish.

“Ikan ini kami temukan di bagian timur Selayar, yang berjarak sekitar 7-8 mil dari Pelabuhan Pamatata,” Ucap Haerul.

Pada mulanya Haerul berfikir ikan tersebut hanya sebuah tali panjang yang tersangkut di kapal mereka sebab kulit ikan ini sangat bening. Saat tahu yang dilihatnya ternyata adalah seekor ikan Oarfish, Haerul mengaku sempat takut karena baru pertama kali melihat ikan seperti ini.

“Pertama kali saya  melihat ikan ini, saya pikir ikan jenis apa ini, baru kali ini saya melihat ikan seperti ini, jadi agak ragu untuk menaikannya keatas kapal kami , takutnya, nanti ternyata ikan ini masuk kedalam kategory ikan yang bisa dibilang cukup ganas ki,” katanya.

“Kami tidak pernah menemukan ikan jenis ini baik di sekitar perairan Bulukumba,  maupun di sekitar perairan Selayar,  bahkan di Teluk Bone saja kami semua tidak ada yang pernah menemukan ikan ini “ujar nelayan yang berusia 29 tahun tersebut.

Setelah berhasil menaikan ikan oarfish ini ke atas kapalnya, Haerul pun  mencari tahu jenis ikan apa yang di temukannya  lewat mesin pencari di internet. Dan  info yang diterimanya pun mengaitkan ikan oarfish ini dengan pertanda akan adanya gempa yang berpotensi tsunami.

Andi Sukri Sappewali selaku Bupati Bulukumba pun meminta warga untuk tidak panik dengan penemuan ikan yang sering di kaitkan dengan bencana alam ini. Menurutnya penemuan ikan yang memiliki panjang 4 Meter ini bukanlah penanda gempa maupun tsunami.

Di ketahui ikan ini memiliki lingkungan hidup yang berada di kedalaman sekitar 200 hingga 1000 Meter di bawah permukaan laut. Biasanya ikan ini terlihat ke permukaan karena terbawa arus bawah laut yang cukup kencang.

Ikan ini pun bisa tumbuh hingga mencapai panjang 17 Meter dengan bobot hingga 270 Kilogram, dan ikan ini di ketahui berenang dengan cara meliukan tubuhnya seperti ular yang melata.