Pria Juga Bisa Mengalami Ketidakseimbangan Hormon Bukan Hanya Wanita Saja

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Jakarta – Hormon pertumbuhan pada pria akan turun sebanyak 14% per dekade setelah usia 20 tahun Ketidakseimbangan hormon terjadi ketika ada terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon dalam aliran darah.

Pria Juga Bisa Mengalami Ketidakseimbangan Hormon Bukan Hanya Wanita Saja

Karena perannya yang sangat penting, apabila hormon tidak seimbang sedikit pun, hal itu dapat menyebabkan efek samping di seluruh tubuh.

Baca Juga : Pentingnya Kontrasepsi Bagi Ibu Indonesia Ketahui Berbagai Manfaat Pil KB

Tidak hanya perempuan, ketidakseimbangan hormon ternyata juga dapat dialami laki-laki. Kondisi tersebut bisa memengaruhi hormon testosteron, kortisol, dan tiroid dalam tubuh pria.

Ketidakseimbangan hormon pada pria cukup berbeda dari perempuan. Hal itu karena mereka memiliki organ dan siklus endokrin yang berbeda pula. Ini terjadi ketika kadar testosteron dan kadar hormon pertumbuhan menurun.

Rerata hormon pertumbuhan pada pria akan turun sebanyak 14% per dekade setelah usia 20 tahun.

Lalu, pada usia 40 tahun, rata-rata pria hanya mempertahankan setengah dari hormon pertumbuhan yang dimilikinya sejak usia 20 tahun.

Selanjutnya hingga pada usia 80 tahun, pria hanya akan memiliki 5% hormon pertumbuhan asli mereka.

Penyebab alami kondisi ini bisa karena pubertas atau penuaan Sedangkan faktor di luar usia yang rawan mengalami masalah ini adalah pola makan, tingkat aktivitas, tekanan, cedera, genetik, dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Selain itu, gejala ketidakseimbangan hormon pria cenderung muncul secara bertahap. Ironisnya, gejala yang muncul sering diabaikan atau bahkan salah didiagnosis.

Baca Juga : Bahaya Penyakit Tidak Menular Bikin Negara Semakin Rugi Kok Bisa?