Wuhan Telah Menang Melawan Corona, Tim Medis Dipulangkan, Warga Ucapkan Terima Kasih

Berita Aktual, Berita Nasional – Wuhan, China, merupakan kota dimana Virus Corona Muncul. Pada hari Kamis (19/3/2020), ada kabar baik datang dari Wuhan.Tercatat sudah tak ada lagi tambahan kasus Virus Corona dari dalam negeri. Pada hari itu menjadi hari pertama tak ada orang positif baru Virus Corona setelah hampir tiga bulan. Lantaran, penularan domestik dilaporkan nol kasus maka tim medis dari luar Wuhan secara perlahan diperbolehkan untuk pulang. Meski demikian, imported case atau kasus penularan di luar negeri masih tinggi. Sehingga, China sekarang memperketat akses masuk ke negaranya. Mengingat negara-negara di luar China masih berkutat dengan masalah Covid-19.

Sementara itu, tim medis di luar Wuhan diketahui ada sekitar 42 ribu orang. Mereka adalah para medis bantuan dari berbagai provinsi di China. Mereka turut membantu Kota Wuhan memerangi Virus Corona. Selama membantu, tim medis negara tirai bambu itu bertugas di rumah sakit mobile. Atas jasa-jasa mereka, warga Wuhan lantas mengucapkan rasa terima kasihnya dengan memasang spanduk di bandara. Sebelum kembali bekerja di kota masing-masing, mereka akan dikarantina selama 14 hari.

Melepas Masker Bertanda Berakhirnya Puncak Dari Virus Corona

Sementara itu, sebelumnya  viral video yang memperlihatkan sejumlah petugas kesehatan China melepas masker mereka. Dalam video yang beredar para petugas kesehatan yang mengenakan seragam biru berdiri berjajar ke belakang menunjukkan bahwa mereka kini tak memerlukan masker. Setelah di telusuri oleh tim Beritaaktual.net pada saptu (14/03/2020), vidio tersebut merupakan unggahan ulang dari media asing Russia Today dari akun TikTok China Military Online. Yang disebutkan bahwa China telah meleati puncak wabah Virus Corona. Selain itu, jumlah khasus Virus Corona juga sudah menurun.

Bahkan, Komisi Kesehatan Nasional Mi Feng mengatakan kepada wartawan pada Kamis (12/3/20202) bahwa wabah di China tetap dalam kendali. NHC mengungkap ada penurunan pada Rabu (11/3/2020). Hanya ada 15 kasus baru, sedangkan pada Selasa (10/3/2020) ada 31 kasus, dan Senin 36 kasus. Sementara itu, Penasihat Virus Corona, Cina Zhong Nanshan, mengatakan ia yakin pandemi Covid-19 global akan berakhir pada Juni.

Pertama, tingkat infeksi lebih rendah dari pada yang pulih. Sedangkan, kasus-kasus Virus Corona yang diimpor ke China juga tidak menunjukkan gejala yang jelas. Sebagaimana diketahui, Provinsi Hubei merupakan daerah yang mengalami kejadian paling parah akibat Virus Corona. Namun, tingkat infeksi sudah menurun secara signifikan dalam beberapa hari terakhir belakangan ini.