4 Manfaat Menjaga Pola Tidur di Kala Pandemik COVID-19

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Ditengah pandemik corona, pemerintah menerapkan kebijakkan untuk tetap di rumah saja. Salah satu cara untuk memutuskan rantai penyebaran virus corona adalah bekerja dan belarjar dirumah atau dengan istilah work from home. Kebijakkan ini memiliki sisi buruk dan sisi baiknya. Di sisi baiknya, kita mempunyai waktu luang yang banyak untuk bersama keluarga. Namun di sisi buruknya kita menjadi  lupa untuk menjaga pola tidur kita. Baik itu kita kebanyakan tidur ataupun sering begadang hingga larut malam. Perlu diketahui menjaga pola tidur dapat menjadi salah satu cara untuk menguatkan system imun tubuh kita.

http://www.beritaaktual.net/

Berikut dibawah ini terdiri 4 maanfaat menjaga pola tidur :

  • Dapat Menguatkan System Imun Tubuh

Jika pola tidur kita tepat maka dapat membantu menguatkan system imun tubuh. Seperti yang dikutip dari laman Healthline, tidur cukup dan nyenyak bisa menguatkan sel sel imun, contohnya seperti T Cells atau sel T. T cells ini merupakan sel imun yang berkerja untuk melawan sel sel yang terinfeksi dari virus. T cells dapat berkerja secara maksimal di saat kita tidur, karena hormon hormon penghalang sedang menurun.

  • Dapat Meningkatkan Mood

Di kutip dari laman Better Health, orang yang kekurangan tidur itu pasti cenderung mengalami peningkatan emosi. Seperti jadi lebih mudah tersinggung, cepat emosi, sedih, stress dan lain lain. Emosi tersebut dapat kami hindari di saat seperti ini. Dengan tidur cukup dapat membuat  kita menjadi lebih bahagia dan juga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

  • Dapat Meningkatkan Produktivitas dan Kreativitas

Seperti yang dilansir dari laman National Sleep Foundation, tidur berkualitas dapat membuat kita lebih fokus, mengurangi emosi, meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan, memperkuat ingatan, serta mengurangi kesalahan. Memiliki watku tidur yang cukup juga dapat membantu kita untuk tetap produktif dan membantu karier biarpun kita berada di rumah saja.

Selain membuat kita lebih produktif, juga dapat membantu kita menjadi lebih kreatif. Laman Dreams mengutip, ada sebuah penemuan dari salah seorang ahli saraf di Sekolah Medis Harvard, menyebutkan bahwa fase tidur Rapid Eye Movement (REM) dapat membantu orang orang untuk berpikir kreatif dari sebuah masalah. Hal ini sangatlah bermanfaat untuk kita dalam perkerjaan.

  • Dapat Menjaga Kesehatan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik kita, tidur cukup juga bantu menjaga kesehatan mental kita loh. Di kutip dari laman Very Well Mind menduga salah satu faktor risiko depresi dan gangguan kecemasan adalah kurang tidur atau gangguan tidur seperti insomnia.  Kurang tidur membuat kita sulit untuk mengatasi stres. Apabila kita stress, juga bisa berpengaruh ke sistem imun tubuh kita untuk menjadi benteng pertahanan utamamu melawan virus.

Jadi guyss, jangan meremehkan akan pentingnya tidur terutama di saat sekarang ini ya! Bagi kalian yang sering begadang atau kebanyakan tidur saat di rumah, sudah harus memperhatikan pentingnya waktu tidur bagi kesehatan tubuh mu.