Amerika Uji Coba Obat Remdesivir Berhasil Sembuhkan Puluhan Pasien Covid-19

Berita Kesehatan – Kabar gembira mengenai pengembangan obat untuk Covid-19 datang dari Amerika Serikat.

Sebuah Rumah Sakit di Chicago belum lama ini mengadakan uji coba obat remdesivir terhadap pasien Covid-19 dengan gejala parah, Setelah rutin diberikan oabat puluhan pasien di Rumah Sakit tersebut akhirnya dinyatakan sembuh.

Para ilmuwan hingga saat ini belum menemukan obat maupun vaksin untuk COvid-19, Walaupun demikian Remdesivir tampaknya menjadi salah satu obat yang paling berpotensi, Lantas bagaimana cara kerja Remdesivir pada uji coba tersebut? Apakah uji coba yang sama bisa di lakukan di indonesia dalam waktu dekat?

Tahun 2012 lalu kelompok ilmuwan membuat senyawa yang saat itu masih dikenal sebagai senyawa 3a, Senyawa tersebut ternyata membunuh berbagai jenis virus salah satunya adalah CoronaVirus yang menjadi pandemi COVID-19 salah satu uji cobanya dilakukan oleh beberapa peneliti dari Chicago.

Mereka menguji Remdesivir pada 125 pasien COVID-19 dari jumlah sebanyak itu 113 pasien mengalami demam tinggi dan gejala gangguan pernafasan parah, Uji coba dilakukan dengan memberikan Remdesivir kepada pasien setiap hari melalui suntikan.

Setelah rutin diberikan Remdesivir, Hampir semua pasien COVID-19 pulih hanya dalam waktu seminggu sejak uji coba dimulai DrKatleen Mullane selaku pimpinan peneliti menyatakan sebagian besar pasien juga sudah di pulangkan selama uji coba ada dua pasien yang meninggal dunia.