Gubernur Sumut Tidak Terapkan PSBB, Begini Alasan dan Resikonya..

Berita Aktual, Berita Nasinonal – Edy Rahmayadi selaku Gubernur Sumut mengaku sangat berat untuk menerapkan kebijakan PSBB di Sumut. Mengapa? Bila kebijakan tersebut diterapkan di Sumut pastinya akan menimbulkan resiko besar baik perekonomian dan kesenjangan sosial.

http://www.beritaaktual.net/

Sebagai gantinya saat ini pemerintah Sumut telah menyiapkan cara lain untuk mengalihkan PSBB di Sumut. Secara fisik, pemerintah telah menyediakan rumah sakit berserta kelengkapam alat medis  dan tenaga medisnya. Keseluruhan pendanaannya untuk mengatasi COVID-19 diambil dari dana anggaran dan juga realokasi dana.

Pada tahap pertama sudah sebesar Rp502 miliar dana anggaran dialokasi, ini untuk 3 bulan kedepanya.  Sudah mendapat izin dari DPRD Sumut, apabila pandemi COVID-19 ini masih berlanjut, maka akan ditambah Rp500miliar lagi untuk 3 bulan ke depannya lagi. Edy menegaskan untuk di catat dengan benar catatannya dan jangan sampai salah mencatat, agar tidak ada terjadi kesalahan.

Akibat wabah virus corona ini, aktivitas belajar mengajar  dan pemerintahan menjadi tersendat. Selain itu juga membuat bisnis menjadi lumpuh, baik hotel bahkkan sampai ke pabrik. Hingga saat ini sudah ada 21ribu pekerja di Sumut yang telah dirumahkan. Jumlah tersebut telah dihitung beserta pekerja yang dipecat secara sepihak.

Edy mengatakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi PHK adalah dengan membantu perusahaan – perusahaan. Saat ini pemerintah telah mengalihkan ke program kartu prakerja. Yang artinya para pekerja akan di daftarkan untuk membuat kartu tersebut. Pemerintah juga telah melakukan pendataan para pekerja yang dirumahkan mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai desa.

Pemerintahkan akan membantu kesulitan perusahaan, baik itu persoalan dengan pajak di situasi seperti ini. Pemerintah akan memfasilitasi perusahaan tersebut agar tidak pailit dan kolaps sehingga para karyawannya tidak terkena PHK.

Menurutnya ini membantu perusahaan juga merupakan cara kita menangani virus corna di Sumut. Jadi bukan hanya PSBB saja, kita juga harus melihat kedepan.  Tetap mengikuti instruksi pimpinan, stay at home, jika harus keluar rumah tetap harus menggunakan masker.