Berita Duka Atas meninggalnya Desainner Mobil Legendaris Asal Amerika Ford Mustang Gale Halderman

Berita Otomotif – Gale Halderman desiner atau pencipta sketsa mobil legendaris Ford Mustang meninggal dunia.

Gale Halderman meniggal pada usia ke 87 tahun di sebuah Rumah Sakit di Tipp Ohio Amerika Serikat setelah bertempur melawan penyakit kanker hati, Bocah petani ini merupakan salah satu andalan ford dalam membuat desain dan menghabiskan karir cemerlangnya selama empat dekade atau empat puluh tahun.

Legenda Mustang telah berakhir ini mengawali karirnya di studio Lincoln-Mercury, Namun kemudian dipindahkan ke studio produksi Ford dan kemudian menjadi bintang karena sketsa Mustangnya terpilih dalam kompetisi desain mobil sport dua plus dua terbaru kala itu.

Dia sangat dihormati di seluruh komunitas Mustang, Ketika Lee Lacocca meninggal tahun lalu, Gale Haldeman adalah legenda Ford Mustang terakhir yang masih bersama kami, Jelas Jimmy Dinsmore, Juru bicara keluarga sekaligus penulis Mustang by Design Gale Halderman dan The Creation Ford’s Iconic Pony Car.

Gale Halderman dalam sebuah wawancara dengan consumerGuide pernah membeberkan cerita asal usul proyek pembuatan Mustang dan ternyata dimulai dengan proposal yang membeberkan sebuah proyek mobil listrik berukuran kecil.

Dua desaigner terlibat dalam proyek ini, Awalnya membuat versi tanah liat dan akhirnya dibuat dari fiberglass, Design tersebut kemudian menarik minat petinggi Ford saat itu mulai dari Lee Lacoca yang saat ini menjabat sebagai Vice President Ford hingga eksekutif dan engineer.

Gale Halderman mengatakan dia akhirnya diperintahakan untuk membuat beberapa sketsa sebuah mobil sport dua pintu masa depan yang kemudian menjadi Mustang, Sekitar lima atau enam model yang kemudian dipilih satu bentuk dan kemudian melegenda.

Tak hanya itu Gale Halderman juga memegang peran penting dalam membuat Logo Mustang untuk model 1971 hingga 1973, Pria yang merupakan sarjana lulusa Unibersitas Dayton dan memperoleh gelar Design industri dan Institut Seni Dyton ini pensiun dari Ford 1994, Kemudian ia membuka Museum Gale Halderman di Tipp City.

Gale Halderman sendiri diapuk sebagai seorang anggota Mustang Hall og Fame, Selain Mustang beberapa mobil tercipta saat ia menjabat sebagai Direktur studio design Ford, Mulai dari Lincoln Mark VI, Mark VIII dan Continental 1980, Ia juga sempat beberapa kali mendapatkan penghargaan salah satunya memenangkan penghargaan MotorTrend’s car of the year untuk monil Lincoln Town 1990.