GIIAS 2020 Resmi harus Diundur dikarenakan Wabah Virus COVID-19

Berita Otomotif – Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 di Serpong tangerang resmi diundur karena pandemi virus Corona (Covid-19) begitu pula dengan pelaksanaan pameran otomotif tersebut di kota-kota lain.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melalui pertanyaan pres yang dikirimkan Sevent Event selaku organisator pameran mengumumkan penyelenggaraan GIIAS 2020 di Serpong akhirnya diundur menjadi pada 22 Oktober – 01 November mendatang, Sebelumnya acara ini dijadwalkan berlangsung pada 07 -17 Agustus.

Rangkaian GIIAS Series 2020 di daerah-daerah juga mengalami perubahan jadwal pada GIIAS Surabaya yang sudah lebih dulu diundur, Dipastikan baru akan berlangsung pad 2 – 6 September Jadwal awalnya sendiri 20- 29 Maret, Adapun GIIAS di Makasar maupun Medan pada tahun ini ditiadakan, Kedua kota baru akan melaksanakan kembali pada 2021.

Revisi jadwal tersebut dilakukan dengan menimbang beberapa faktor. Pertama, menurut keterangan resmi, adalah kondisi pandemi Covid-19 dan status Tanggap Darurat yang ditetapkan sejak akhir Februari hingga 29 Mei mendatang.

Sebagai informasi, Covid-19 diketahui berada di Indonesia ketika pemerintah mengumumkannya pada 2 Maret 2020. Sejak itu hingga data terakhir per 4 Mei, 11.587 kasus positif terinfeksi virus (864 meninggal, 1.954 sembuh).

Lebih lanjut faktor lain revisi jadwal GIIAS 2020 ialah adanya beberapa masukan tentang dampak pandemi terhadap perekonomian nasional dan industri otomotif di samping itu terdapat pula pertimbangan soal kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Kami harus berpikir kedepan. Berbagai faktor harus kami prioritaskan, seperti kesehatan dan keselamatan masyarakat, kondisi perekonomian negara. Selain itu kami juga harus memikirkan kepentingan industri, bahwa industri otomotif akan membutuhkan waktu untuk recovery, namun juga membutuhkan ajang untuk bangkit Kembali, oleh karena itu kami memutuskan untuk berupaya tetap melangsungkan GIIAS 2020, konsentrasi ke dua penyelenggaraan, dengan beberapa penyesuaian,” jelas Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara GIIAS, menambahkan bahwa September dan Oktober mereka nilai sebagai waktu terbaik. Ini didasarkan atas prediksi masa Tanggap Darurat yang ditetapkan pemerintah plus waktu persiapan penyelenggaraan pameran.

Gaikindi percaya bahwa dengan penyesuaian waktu, Pameran GIIAS The Series akan tetap menjadi pilihan terbail bagi para Agen Pemenang merek (APM) industri otomotif untuk kembali bangkit menunjukan semangat pencapaian lewat berbagai produk dan inovasi terkini pada masyarakat dan kembali memennuhi kebutuhan pada tahun 2020 ini.