Larangan Mudik Lokal Tidak Diberlakukan di Jabodetabek

Berita Aktual, Berita Nasional – Di tengah pandemi Covid-19, kini moda transportasi mulai beroperasi kembali, meskipun larangan mudik ke kampung halaman masih berlaku hingga saat ini. Lalu, bagaimana dengan arus silaturahmi  dengan mudik lokal saat Lebaran nanti ? Terutama untuk kawasan yang masih satu ruang lingkup Jabodetabek.  Apakah masih boleh dilaksanakan ?

http://www.beritaaktual.net/

Pertanyaan tersebut di tanggapi langsung oleh Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Ia mengatakan tidak ada larangan mengenai mudik lokal, yang artinya masyarakat masih boleh melakukan mudik lokal hanya di kawasan Jabodetabek.

Meskipun demikain, Syafrin mengingatkan warga untuk tetap mematuhi peraturan berkendara saat PSBB. Seperti menggunakan masker dan pembatasan penumpang sampai 50%. Peraturan tersebet berlaku untuk para pengguna sepeda motor. Untuk sepeda motor boleh berboncengan, dengan syarat antara penumpang dan pengendara harus satu tujuan,sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

http://www.beritaaktual.net/

Namun dari sisia lain, Polana B Pramesti , Kepala BPTJ malah mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik lokal di ruang lingkup Jabodetabek pada saat Lebaran nanti.

Meskipun dalam Permenhub No 25 Tahun 2020 tidak ada isi larangan mudik lokal, namun untuk kegiatan sosial budaya sudah di atur berdasarkan Permenkes No.9/2020. Kegiatan silaturahmi dapat membuat orang orang berkerumun dan berpotensi tinggi penyebaran virus corona.

Di lansir dari Kompas.com, Polana menulis pesan singkat yang berisikan ‘Kami memahami itu bagian dari tradisi, namun dalam rangka memutus penularanan virus corona kami mengajak dan mengimbau masyarakat untuk kali ini tidak melakukan hal tersebut karena dapat berpotensi menjadi media penularanan virus teresebut.’

Ia menjelaskan zaman semakin canggih kini aktivitas silaturahmi dapat dilakukan secara tidak langsung. Yaitu menggunakan fasilitas teknologi informasi yang dapat di jangkau oleh semua masyarakat, seperti video call. Ia juga mengimbau agar para pemimpin daerah dan pemuka masyarakat di Jabodetabek untuk aktif mengajak masyarakat agar tak berpergian.