Bus Listrik Hyundai Ini Cocok Jadi Feeder Busway di Indonesia

Berita Otomotif – Bus listrik Hyundai County Electric diluncurkan untuk pasar Korea Selatan.Bus Listrik Hyundai Ini Cocok Jadi Feeder Busway di Indonesia

Bus listrik ini menawarkan alternatif yang lebih baik dibandingkan bis bermesin diesel dalam hal ekonomi, ramah lingkungan keselamatan dan kenyamanan.

Mengganti mesin Diesel menjadi motor listrik membuat Country Electric lebih banyak ruang , Sehingga memudahkan para penumpang untuk masuk dan keluar dari Bus, Bis listrik ini memiliki panjang 7,71 meter dan menawarkan konfigurasi kursi 15 sampai 33 kursi.

County Electric adalah bus listrik tanpa emisi yang menawarkan fitur keselamatan dan kenyamanan yang luar biasa bagi pengemudi dan penumpang. Dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik di pasar kendaraan komersial, Hyundai mempercepat pengenalan kendaraan-kendaraan seperti County Electric,” kata Yoon Lee, Wakil Presiden dan Kepala Grup Produk Kendaraan Komersial di Hyundai Motor.

Hyundai Motor Company melengkapinya dengan baterai lithium-ion-polymer 128 kWh. Dalam keadaan baterai penuh (100%) bisa mengantarkan bis listrik ini menempuh jarak hingga 250 kilometer.

Dengan baterai 128-kWh dapat terisi penuh dalam 72 menit menggunakan sistem Combo 1 DC standar (berdasarkan pengisian 150kW). Baterai pun bisa diisi memakai outlet 220V seperti di rumah, namun memerlukan waktu 17 jam.

Selain ekonomis dan ramah lingkungan, bus listrik Hyundai County Electric diklaim responsive dan bertenaga. Akselerasi 50 hingga 80 km/jam dicapai oleh bus ini lebih cepat 30 persen dibandingkan dengan model-model diesel.

Bis listrik ini menganut sistem rem udara-hidraulik (AOH) yang dikontrol secara elektronik dengan cakram rem lebih kuat untuk menangani peningkatan berat kendaraan akibat baterai.

Teknologi keselamatan terbaru untuk mencegah kecelakaan saat penumpang naik dan turun dihadirkan oleh Hyundai Motor. Berbagai sensor yang terletak di dekat pintu tengah, termasuk sensor ultrasonik, mencegah pintu untuk menutup saat penumpang naik dan turun.

Sensor juga memicu alarm ketika bagian tubuh penupang terjebak di pintu dan secara otomatis membuka pintu untuk mencegah cedera. Sensor ultrasonik juga terhubung ke pedal akselerasi bus, yang mencegah bus bergerak maju dari halte ketika pergerakan penumpang terdeteksi.

Yang tidak kalah pentingnya, sebagai kendaraan listrik County Electric juga mengantongi sistem suara mesin virtual dan sistem bantuan parkir belakang untuk memperingatkan pejalan kaki dan mencegah kecelakaan.

Bus ini tersedia dengan pintu darurat belakang tipe ayunan ganda, kursi dengan sandaran 220 mm lebih tinggi, dan sistem sabuk keselamatan baru yang dapat mengurangi tekanan perut selama pengereman darurat.

Untuk memberikan kenyamanan pengemudi, Hyundai Motor membeikan kursi berventilasi dan berpenghangat; smart key, serangkaian tombol fungsi di setir; serta panel instrument LCD berkelir dengan layar utama 7 dan sepasang layar bantu guna menyediakan berbagai informasi kendaraan.

Wah, ini sih cocok jadi armada feeder busway Transjakarta nih.