Daihatsu Lebih Andalkan Terios Ketimban Xenia di Masa Pandemi ini

Berita Otomotif – Daihatsu akan mengutamakan serta mendongkrak penjualan Sport Utility Vehicke (SUV) Terios ketimbang Multi Purpose Vehicle (MPV) Xenia di masa pandemi Virus Corona (Covid-19).Daihatsu Lebih Andalkan Terios Ketimban Xenia di Masa Pandemi ini

Hendrayadi Lastiyono, marketing and CR Divisioan Head PT. Astra International – Daihatsu Sales Operation (AI – DSO) menjelaskan bahwa Terios menjadi model kedua yang mereka akan dorong di masa pandemi, Model pertama adalah Low Cost Green Car (LCGC) berkapasitas tujuh orang penumpang Sigra.

Pasalnya Kontribusi Terios selama pandemi telah mengalahkan Xenia, Pembeli mobil di masa pandemi yang merupakan orang-orang berada ternyata lebih menggemari SUV di segmen Harga Rp 200 – 300 jutaan ketimbanag MPV di Segmen harga Rp 200 juta-an yang ditempai oleh Xenia, Bahkan Suv Rp 200 – 300 jutaan kini menjadi segmen terlaris Indonesia.

Dizaman normal kemarin antara Xenia dan Terios kontribusinya terhadap penjualan Daihatsu hampir sama yaitu 14 – 15 persen tapi tiap tahun ini selama tiga bulan berlangsungnya pandemi terjadi perubahan, Dalam konferensi pers virtual mengenai pasar di bulan Januari – Mei 2020 beberapa waktu lalu.Daihatsu Lebih Andalkan Terios Ketimban Xenia di Masa Pandemi ini

Seperti diketahui, pandemi Corona melanda Indonesia sejak Maret kemarin. Mei merupakan bulan ketiga terjadinya pandemi.

Terios sekarang kontribusinya 16 persen dari penjualan Daihatsu. Xenia 11 persen. Oleh karena itu, kami mengarahkan jajaran frontliner kami (tenaga penjual di dealer-dealer) kepada model-model yang diminati dan dibeli tegas Hendrayadi lagi.

Adapun total penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Daihatsu sepanjang Januari – Mei kemarin adalah 48.019 unit, turun 39 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year). Sementara itu, pasar mobil nasional di lima bulan pertama 2020 drop 40 persen year on year menjadi hanya 260 ribu unit.Daihatsu Lebih Andalkan Terios Ketimban Xenia di Masa Pandemi ini

Kontribusi Terios terhadap penjualan Daihatsu hanya bisa dikalahkan oleh Sigra yaitu 28,8 persen atau sedikit lebih rendah daripada tahun lalu yang 29 persen. Sementara, di bawah Terios ada LCGC lima penumpang Ayla dengan kontribusi 12,5 persen.

Jadi yang pertama (kami dorong di masa pandemi) adalah Sigra, lalu Terios dan Ayla,” pungkas Hendrayadi.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah merevisi target penjualan mobil 2020 dari 1,050 juta unit menjadi hanya 600 ribu unit. Adapun penjualan pada 2019 adalah 1,030 juta unit.