Review Honda City 2020, Sedan Mungil yang Lega di Dalam

Berita Otomotif – Ditahun 2020, kiprah mobil sedan semakin tergerus oleh eksistensi SUV dan MPV. Akan tetapi , mobil sedan masih mendapat tempat terutama di kalangan ekonomi menengah di perkotaan yang mencari kenyamanan. Honda City merupakan salah satu yang ada pada 2020 ini berusaha memikat kalangan urban dengan kabin yang lega khas mobil Honda.

Tidak banyak yang berubah dari wajah Honda Vity sejak diluncurkan pada tahun lalu. Karena, model terbatu City yang meluncur pada akhir 2019 di Thailand tersebut hingga kini belum masuk ke Indonesia. Konsep desain City ditonjolkan melalui 3 dasar yaitu teknologi canggih, sporty, serta tampilan yang mencirikan sedan. Ketiga dasar desain tersebut kemudian dirangkum ke dalam “Advance Energetic Design”.

Pencahayaan LED dibantu foglight menjangkau area jauh membuat pengemudi berkendara dengan nyaman. Untuk bagian gril, sebilah panel besar beraksen krom menjadi ciri khas dari Honda City dengan konsep sharp front grille design. Aura sporty muncul dari desain bumper yang dipertegas dengan garis tajam. Selanjutnya di belakang terpasang High Mount Stoplamp dan Shark in Antenna di atapnya.

Desain Honda City 2020 Semakin Gagah

Secara garis besar, Honda City yang baru meluncur di Thailand sebenarnya banyak berubah tapi garis bodi masih mirip dengan versi 2017. Ubahan desain mencakup bagian bagian depan, belakang, lalu posisi spion yang bergeser. City lebih panjang 113 milimeter (4.553 mm), 53 mm lebih lebar (1.748 mm) dari pendahulunya, tetapi jarak sumbu roda 11 mm lebih pendek (2.589 mm).

Bagian depan menampilkan bentuk Solid Wing sebagai wajah khas Honda terkini dengan lampu depannya yang mirip seperti Honda Civic. Selanjutnya desain lampu belakang kini bergaya sipit dengan teknologi LED Strip yang membuatnya kian berkelas.

Inovasi Mesin Honda City 2020 Bakal Pakai Turbo

Pada generasi terbaru, tidak terjadi penambahan tenaga, namun adanya turbo memangkas kapasitas mesin secara signifikan. Honda City di Thailand dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc VTEC TURBO yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada rentang 2.000 rpm hingga 4.500 rpm.

Interior Honda City Yang Terluas di Kelasnya

Nama Honda selama ini dikenal sebagai pabrikan yang jago dalam merancang kabin lega. Sekalipun dimensi luarnya biasa saja, namun interior Honda City dirasa terluas di kelasnya. Tidak hanya lega, tapi juga nyaman dan berkesan mewah.

Jok dilapisi oleh bantalan tebal dan dibuat dengan material berkualitas tinggi. Di bagian depan, kita disuguhkan panel dasbor yang dibalut dengan warna baru Gun Metal Garnish mewah. Panel spidometer terdapat Multi Information Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Fitur tambahan sedan ini didukung Smart Floating A/V dengan system 8 inci untuk memainkan multimedia dalam berbagai format. Head unit dengan teknologi layar sentuh ini bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone IOS dan Android. Pengemudi juga tidak banyak terdistraksi karena audio serta fungsi lainnya bisa diatur dengan mudah melalui Audio Steering Switch pada pengemudi. Kemudian untuk penumpang di belakang kian nyaman karena adanya Rear AC Ventilation dan Rear Armrest with Cup Holder. Kursi belakang Honda City bahkan bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40, membuat kabin New Honda City semakin fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Fitur Keselamatan Honda City Bukan yang Terbaik

Honda City memang unggul dalam beberapa poin seperti kenyamanan suspensi dan kabin lega. Namun, sedan kompak andalan Honda ini masih kalah dari sisi fitur keselamatan. Pasalnya, Honda City cuma dibekali dua airbag yang termasuk minim untuk ukuran sedan.

Kemudian untuk fitur keselamatan aktif lainnya didukung fitur keselamatan standar kekinian seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Assist (VSA), Motion-Adaptive Electric Power Steering (EPS), dan Hill Start Assist (HSA).