Toyota Serius Menggarap Corolla Versi SUV Siapakah Lawanya

Berita Otomotif – Segmen SUV sepertinua akan semakin penuh diisi olehj line up Model Toyota di tahun ini.

Toyota Serius Menggarap Corolla Versi SUV Siapakah Lawanya

Setelah meluncurnya Yaris Cross menyusuk hadirnya SUV Kompak tersebut, Toyota tampak akan melahirkan SUV baru berbasis Corolla, Belakangan santer beredar rumor dan spyshot yang disebut sebagai Corolla Cross.

Mengusung platform Corolla terbaru yang sudah mengadopsi TNGA (Toyota New Global Architeture) Corolla Cross membuka segmen baru Toyota dari spyshot sepintas dimensi dan wujudnya mirip dengan RAV4, Penasaran dengan bagimana wujudnya akan dibuat, Seniman digital Kleber Silva coba merender eksterior Corolla Cross.

Compact SUV Toyota ini sendiri sempat terrangkap basah di Thailand, Lengkap dengan balutan kamufase, Begitu interpretasi dari Silva asal Brazil, Tampak mengadopsi gaya keseluruhan berbasis RAV4, Terlihat jelas disamping lekuk spatbor mengotak terisi cladding hitam membawa ciri RAV4, namun area kaca dibuat lembut sebagaimana lekuk Corolla Wagon, Membuat bokong seakan lebih panjang.

Toyota Serius Menggarap Corolla Versi SUV Siapakah Lawanya

Kalau melihat wajah ada campuran Krrn Look Toyota masa kini ditemukan permainan lampu dan grille ala Harrier dilapisan teratas, Turunkan pandangan apron besar mengisyaratkan ketangguhan RAV4, Begitu pula eksekusi sisi terluar bumper, Gahar sekaligus mengadaptasi nuansa elegan, Saat menilai area butiran, Rancangan keseluruhan langsung membawa imajinasi ke bayang bokong RAV4 sebab mengenakan komposisi serupa.

Tidak hanya rancangan, Informasi terkait detail lain juga masih terbatas, Namun sebelumnya diberitakan Autoindustrinya ada bocoran dokumen spesifikasi yang diduga milik Corolla Cross, Kalau data ini terbukti sebagai kebenaran, Toyota kemungkinan akan menawarkan dua opsi jantung pacu, Yaitu konvensional 1,8 litre atau Hybrid.

Diduga kuat mesin 1,8 liter mengambil jantung 2ZR-FE dari Corolla, Cukup Powerful sanggup menghasilkan tenaga sampai 134Hp disokong torsi puncak 207Nm, Tugas penyaluran daya kemungkinan dibebankan kepada CVT saja tanpa Opsi otomatis convensional, Disis lain powertrain hybrid bisa jadi turut memanfaatkan basis Corolla.

Toyota Serius Menggarap Corolla Versi SUV Siapakah Lawanya

Ekspektasikan fitur masa kini eksis dalam tubuh Corolla jangkung. Misal di eksterior mendapatkan penerangan LED, lalu konektivitas smartphone lengkap di sarana hiburan, sampai paket keselamatan Toyota Safety Sense.

Banyak informasi membuktikan bahwa Corolla Cross adalah suatu keniscayaan. Pernah ditemukan bahan presentasi produk Toyota masa mendatang, dipajang dalam forum daring GR86. Di sana disebutkan kalau sebuah CUV (Compact Utility Vehicle) siap diluncurkan pada Kuartal Ketiga 2021. Diduga ini adalah jadwal peluncuran untuk Amerika Serikat karena dalam presentasi turut menampilkan nama Tundra.

Sementara itu, nama Corolla Cross sendiri sudah dipatenkan di banyak negara. Melansir The Drive, pada 2018 Toyota mengajukan dokumen paten di 14 negara. Untuk Asia meliputi Brunei, Singapura, Malaysia, Filipina, Kamboja, dan bahkan Indonesia. Di luar itu ada Australia, Selandia Baru, Chile, Meksiko, AS, Kanada, dan Italia. Tidak ketinggalan pengajuan dikirim ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Kalau benar nantinya mobil ini lahir sebagai Corolla Cross, lalu siapakah yang akan menjadi lawan sepadan di segmennya? Sejauh ini dari sesama pabrikan Jepang, lawan berasal dari segmen setara adalah Mazda CX-30. Beberapa model SUV pabrikan Eropa mungkin juga bisa masuk sebagai kompetitornya.