Inilah Beberapa 5 Destinasi Wisata Super Prioritas Indonesia Yang Harus Anda Ketahui

Berita Aktual, Berita Travel – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah mencanangkan lima destinasi wisata super prioritas yang akan dikembangkan secara serius pada 2020. Pertanyaannya, apakah anda tahu destinasi mana saja yang masuk dalam rencana pengembangan pemerintahan tersebut?

Destinasi wisata super prioritas ini merupakan bagian dari program 10 Bali Baru yang dicanangkan presiden Jokowi pada awal periode pertama masa pemerintahannya. Sejauh ini anggaran yang akan dikucurkan untuk pengembangan lima destinasi tersebut mencapai total 9,35 triliun rupiah, dengan anggaran awal sebesar 2,98 triliun rupiah dan anggaran tambahan sebesar 6,36 triliun rupiah.

Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan dan pembangunan di lima destinasi tersebut, dengan alokasi terbesar menjadi wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebesar 7,56 triliun rupiah. Selanjutnya diikuti Kementerian Perhubungan 673,7 miliar rupiah, Kementerian Pariwisata 874 miliar rupiah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 142,2 miliar rupiah, Kementerian Desa PDT 82,9 miliar rupiah serta Bekraf 19,2 miliar rupiah.

Kementerian PUPR juga secara khusus mengalokasikan anggaran sebesar 2,52 triliun rupiah untuk pengembangan Danau Toba, disusul Borobudur yang mendapatkan anggaran 1,51 triliun rupiah, untuk Mandalika pada tahun depan memperoleh kucuran dana sebesar 1,74 triliun rupiah, dan Labuan Bajo dan Likupang masing-masing diberikan 991 miliar rupiah dan 499 miliar rupiah.

  1. Danau Toba

Danau toba merupakan salah satu danau alami terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar didunia, yang berada di kaldera gunung berapi super. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer, dan kedalaman hingga mencapai 1600 meter. Danau ini terletak di tengah pulau sumatera utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengungkapkan pihaknya mendukung penuh program pengembangan danau toba untuk menjadi salah satu destinasi wisata super prioritas Indonesia, dari mulai memfasilitasi wisatawan, dengan mengembangkan tempat ibadah, mendirikan hotel, restoran, dan juga pada aksesibilitas pada kendaraan – kendaraan agar bisa mengantar keliling danau toba.

Mengembalikan alam danau toba dan memperkuat budaya 7 etnis yang melingkari di danau toba ini juga akan menjadi perhatian pihaknya.

  1. Borobudur

Merupakan candi ataupun kuil Buddha terbesar didunia, sekaligus menjadi salah satu monument Buddha terbesar didunia, yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi pada masa pemerintahan wangsa syailendra, terletak kurang lebih 100km di sebelah barat daya semarang, 86 km sebelah barat surakatra, dan 40km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Borobudur masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan, dengan tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah objek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Diungkapkan Ganjar Pranowo, gubernur Jawa Tengah, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mempersiapkan wisata Borobudur dengan meningkatkan tingkat kebersihan. Selain itu, untuk mempromosikan kunjungan ke Borobudur, pemerintah bersama sejumlah pihak menggelar berbagai even internasional seperti Borobudur Maraton. Selain di Borobudur, Jawa Tengah juga sedang mengembangkan Sangiran, Dieng, Pangandaran, dan Nusa Kambangan.

  1. Mandalika

Mandalika, Lombok Tengah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan wilayah seluas 1,036 hektar dan menghadap ke Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan bisa mengangkat sektor pariwisata di NTB.

Potensi wisata di Mandalika cukup menjanjikan, namun tidak banyak yang mengetahui keindahannya. Mulai dari pesona pantai hingga pemandangan alam bawah laut yang memukau, termasuk menjadi tuan rumah perhelatan akbar kejuaraan balap motor internasional MotoGP pada 2021 mendatang.

Diungkapkan Sitti Rohmi Djalilah, Wakil Gubernur Nusa tenggara Barat, pemerintah mengajak berbagai pihak untuk ikut mengembangkan Mandalika, baik dalam bentuk pembangunan hotel, restoran serta pembangunan rumah sakit. Ditambahkannya, pemerintah juga akan berusaha melindungi wisatawan mengingat kawasan NTB merupakan kawasan rawan bencana.

  1. Labuan Bajo

Destinasi Labuan bajo, Nusa Tenggara Timur menyajikan wahana wisata alam yang luar biasa. Lanskap alam yang menarik, garis pantai yang istimewa dan juga panorama yang tiada duanya, bisa anda nikmati dengan leluasa di waktu libur anda. Akan tetapi, tidak hanya dilabuan bajo, ada belasan, bahkan puluhan destinasi wisata yang asik di flores yang wajib anda kunjungi.

Salah satunya yang wajib anda kunjungi di flores tentunya keajaiban dunia, Komodo. Tidak sedikit destinasi wisata di Labuan bajo yang menghadirkan hewan eksotis dari Indonesia timur itu sebagai atraksi utamanya. Melihat cara mereka hidup, makan, berinteraksi dengan lingkungannya, semuanya sangat luar biasa.

Pemerintah juga sudah mengupayakan banyak hal untuk terus menerus mempromosikan Labuan bajo, mulai dari penerbangan langsung dari dalam negeri dan mancanegara, juga menetapkan sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia.

  1. Likupang

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara berkomitmen untuk menjadikan likupang sebagai kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata, yang membuat pemerintah pusat memasukan dalam destinasi wisata super prioritas.

Diungkapkan  gubernur Sulawesi utara Olly Dondokambey, pihaknya memiliki strategi pembangunan, yaitu dengan mempersiapkan hotel, restoran, pendukung tempat wisata laut dan usaha membuka penerbangan internasional langsung ke bandara Sam Ratulangi.

Itulah beberapa destinasi wisata yang di prioritaskan oleh pemerintah tahun 2020. Dari ke lima destinasi wisata pariwisata tersebut, mana yang sudah anda datangi?