Iran Ajukan Protes ke PBB, Karena Merasa Ada itikad Ancaman Dari Pesawat Jet AS Yang Hampir Mendekati Pesawat Penumpangnya

Berita NasionalIran memprotes Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terkait dengan pelanggaran yang mencolok terhadap hukum internasional, setelah jet tempur Amerika Serikat (AS) hampir mendekati pesawat penumpang Iran di atas Suriah. Insiden itu terjadi pada hari Kamis.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (20/07/2020), dalam rekaman siaran televisi negara Iran yang direkam dari ponsel, para penumpang berteriak ketika pilot pesawat Mahan Air dalam penerbangan dari Teheran ke Beirut mengambil tindakan darurat . Seorang penumpang dengan darah mengalir di dahinya dan seorang lainnya yang jatuh ke lantai terlihat di video, dan seorang jet tempur terlihat melalui jendela.

Kantor berita negara IRNA mengatakan surat protes akan diajukan ke Dewan Keamanan PBB dan sekretaris jenderal atas “ancaman terhadap pesawat penumpang Mahan Air”.

Kementerian Luar Negeri Iran mengatakan protes juga diajukan kepada Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) dan Kedutaan Besar Swiss di Teheran yang telah menangani kepentingan AS di Iran sejak hubungan diputus setelah Revolusi Islam 1979.

“Jika sesuatu terjadi pada pesawat dalam penerbangan kembali, Iran akan meminta pertanggungjawaban Amerika Serikat,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Abbas Mousavi kepada IRNA.

Militer AS mengatakan “F-15 pada misi udara rutin … melakukan inspeksi visual standar pesawat penumpang Mahan Air pada jarak yang aman sekitar 1.000 meter (yard)”.

Komando Sentral AS (CENTCOM) mengeluarkan pernyataan setelah televisi pemerintah Iran panik rekaman penumpang ketika pesawat Mahan Air melakukan manuver tiba-tiba.