Kebiasaan Cuci Tangan Bisa Cegah Kanker Serviks

Berita Aktual, Berita Kesehatan – Mencuci tangan adalah salah satu kegiatan yang tidak bisa dilewatkan. Sejak kecil, orang tua atau guru terus mengajarkan kita untuk rajin mencuci tangan.

Bahkan, tidak sedikit iklan di televisi tersebar untuk menunjukkan pentingnya mencuci tangan.

Tapi, sampai sekarang masih banyak yang mengabaikan kebiasaan ini karena dampaknya tidak begitu terlihat.

Padahal, penyebaran penyakit dari tangan atau sentuhan bisa terjadi karena kuman dan virus yang berasal dari tangan.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kanker serviks?

“Penyebaran kanker serviks adalah dari pengaruh seksual dan non-seksual. Jika non-seksual dapat disebabkan oleh tangan atau toilet yang kotor misalnya,” kata Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Andrijono di Penang Bistro, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Februari 2019.

Meskipun penularan non-seksual hanya mempengaruhi 10 hingga 20 persen, penularan dapat berdampak besar karena virus yang menyebabkan kanker serviks (HPV atau human papilloma virus) sangat sulit untuk dibunuh.

Bahkan mensterilkan barang menggunakan alkohol kurang efektif.

“Mensterilkan barang dengan alkohol, virus HPV tidak akan mati. Hanya saja tidak akan berkembang dan akan hidup kembali. Virus HPV sangat gigih dan sangat kuat. Sering mencuci tangan saja,” katanya.

Lebih buruk lagi, kanker serviks tidak dapat dikendalikan dengan gaya hidup sehat. “Gaya hidup tidak berpengaruh karena kanker disebabkan oleh virus yang menyebar,” kata Andrijono.

Apa yang dapat dilakukan adalah screening, vaksin, pap smear dan pengujian HPV.

“Pencegahan pertama adalah vaksin HPV terlebih dahulu. Vaksin ini nonviral sehingga tidak ada efek samping. Pencegahan sekunder adalah dengan pap smear dan tes HPV. Kemudian jika sudah terpapar virusnya, tentu kondisinya tidak lebih buruk,” pungkasnya.