Keindahan Pesona Labuan Bajo

Berita Aktual, Berita Travel – Labuan Bajo merupakan sebuah tempat penangkapan ikan kecil yang berada di ujung paling barat pulau flores yang menyimpan berbagai keajaiban alam. Labuan Bajo telah berkembang menjadi sebuah gerbang masuk, menujudestinasi wisata eksotis di Nusa Tenggara Timur.

Gerbang Menuju Surgawi

Taman Nasional Komodo yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunis UNESCO pada tahun 1991 ini, selalu memiliki daya pikat untuk para wisatawan sperti sabahat pesona. Lokasi ini terkenal karena keberadaan Komodo, pulau Rinca, Pulau Padar dan beberapa pulau disekitarnya adalah habitat alami bagi satwa liar didarat dan didalam air yang beragam.

Di Labuan Bajo ada banyak tempat-tempat terbaik untuk Sobat Pesona yang ingin menikmati keindahan langit senja yang spektakuler saat tenggelamnya matahari. Itulah yang membuat Labuan Bajo juga terkenal dengan sebutan kota matahari terbenam.

Beberapa tempat wisata yang menarik dapat Sobat Pesona temukan saat berada di dalam Kota Labuan Bajo. Seperti Gua Cermin yang letaknya hanya 4 kilometer dari Labuan Bajo. Gua ini ditemukan oleh arkeolog asal Belanda pada tahun 1951 yang beranggapan bahwa dulunya Labuan Bajo pernah berada di bawah permukaan air.

Keajaiban yang menakjubkan lainnya dan tidak boleh Sobat Pesona lewatkan adalah Gua Rangko. Di sini, Sobat Pesona punya kesempatan untuk berenang di danau indah yang berada di dalam gua!

Tak jauh dari Bandara Komodo di Labuan Bajo, Sobat Pesona dapat menikmati pemandangan lautan yang luas dan sangat mempesona saat matahari tenggelam dari atas Bukit Cinta, Puncak Amelia, dan Puncak Silvia.

Sobat Pesona pecinta kuliner, dapat menuju ke Kampung Ulung yang menjadi pusat kuliner lokal yang lezat untuk bersantap malam di Labuan Bajo.

Menghabiskan waktu di pondok-pondok kayu beratapkan jerami yang tersembunyi di antara ilalang  dan pohon-pohon yang tinggi, bisa menjadi sebuah pengalaman romantis saat Sobat Pesona berlibur ke Labuan Bajo dengan kota landai yang menghadap ke Pelabuhan.

Bagi Sobat Pesona dengan jiwa petualang, Labuan Bajo memiliki banyak daratan dan juga lautan yang siap untuk ditaklukkan. Maka tak heran jika setiap tahunnya jumlah pengunjung terus meningkat. Sobat Pesona bisa menjajal liveaboards, dengan mencoba untuk tinggal di kapal selama beberapa hari sambil berlayar mengunjungi pulau-pulau yang indah dan juga menyelam untuk melihat keindahan bawah laut yang istimewa.

Kota Matahari Terbenam

Dengan panorama yang luar biasa indah, jangan lupa untuk mencantumkan Pulau Padar yang menjadi tujuan favorit para wisatawan dunia ke dalam agenda perjalanan saat Sobat Pesona mengunjungi Labuan Bajo.

Penduduk Labuan Bajo terdiri atas 3 kelompok etnis, yaitu Manggarai, Bima, dan Bugis. Semua hidup berdampingan dengan para pendatang dari Flores, seperti Ende, Ngada, Maumere dan juga beberapa penduduk keturunan Cina serta etnis-etnis lain dari seluruh Indonesia. Sobat Pesona dapat bertemu dengan penduduk setempat dengan mengunjungi desa-desa mereka yang indah. Salah satu Desa Wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan adalah Desa Melo, di Manggarai Barat.

Terletak sekitar 40 km dari jantung Labuan Bajo, Sobat Pesona akan disambut dengan upacara penyambutan yang hangat dan tarian tradisional saat mengunjungi desa ini. Jangan lupa mampir untuk mengenal lebih dekat warga lokal setempat.

Jika Sobat Pesona mencari tempat untuk menginap, Sobat pesona bisa datang ke Wae Cicu. Di sepanjang pantai, terdapat banyak hotel dan juga resort yang menghadap ke pantai dengan pemandangan yang indah. Di pulau-pulau terdekat, seperti Pulau Bidadari dan Seraya juga menawarkan akomodasi terbaik untuk menginap.

Akses Menuju Ke Labuan Bajo

Labuan Bajo dapat diakses melalui jalur darat, laut dan juga udara. Lokasinya yang berada di Pulau Flores dan juga sebagai pelabuhan untuk masuk ke Pulau Komodo, menjadikan Labuan Bajo sebagai tempat wisata dan juga lahan pertanian yang potensial.

Jalur Udara

Dengan dibukanya Bandara Komodo mempermudah Sobat Pesona untuk menuju ke Labuan Bajo. Maskapai Transnusa Airlines secara langsung menghubungkan Labuan Bajo dengan beberapa kota di Indonesia, seperti Denpasar, Kupang, Ende, dan Mataram. Dengan penerbangan lanjutan ke Labuan Bajo. Kalabahi di Alor juga terhubung langsung ke Labuan Bajo. Begitu pula dengan Bajawa, Sikka, Manggarai, dan Larantuka melalui Ende, Kupang, Maumere, Ruteng, dan Tambolaka yang terhubung dengan Labuan Bajo. Silahkan kunjungi situs web maskapai untuk informasi jadwal penerbangan lebih lanjut.

Jalur Darat

Melintasi Pulau Flores yang menghubungkan Labuan Bajo di bagian barat ke tempat-tempat terkenal di bagian timur, dapat dijangkau dengan menggunakan jalur darat walaupun cenderung mahal.

Sobat Pesona dapat menggunakan Bus dari Bali menuju ke Mataram di Lombok. Dari sana, Sobat Pesona dapat melanjutkan perjalanan menuju Bima di Sumbawa yang kemudian akan diteruskan melalui perjalanan panjang menuju ke  Sape. Saat tiba di Sape, Sobat Pesona dapat menaiki kapal Feri menuju Labuan Bajo.

Jalur Laut

Menikmati liveaboards yang melayani perjalanan menuju Pulau Komodo dan Flores akan menjadi pengalaman yang istimewa. Banyak wisatawan yang senang dan merasa puas setelah menghabiskan waktu satu minggu bahkan lebih saat mengelilingi bagian Indonesia Timur ini. Memilih paket wisata, waktu yang pas, tujuan wisata dan juga faktor cuaca menjadi hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan berkunjung Ke Labuan Bajo.

Ada beberapa kapal yang berlayar dengan tujuan ke Labuan bajo, seperti kapal Tilongkabila dari PELNI yang berlayar dari Makassar di Sulawesi Selatan ke Labuan Bajo, kapal Leuser berangkat dari Tanjung Perak, Surabaya di Jawa Timur. Jika Sobat Pesona berangkat dari  pelabuhan Benoa di Bali, Sobat Pesona juga dapat menggunakan kapal Leuser untuk sampai ke Labuan Bajo. Kapal Wilis yang  berangkat dari Makassar dengan tujuan ke  Larantuka di Flores Timur, akan membawa Sobat Pesona ke Labuan Bajo.

Berkeliling Labuan Bajo

Untuk berkeliling Labuan Bajo, Sobat Pesona dapat menggunakan jasa ojek, bemo, bus ataupun dengan menyewa mobil beserta supir pemandu. Pastikan Sobat Pesona memeriksa penyewa mobil dan juga pemandu wisata yang terpercaya. Informasi untuk berkeliling Labuan Bajo dapat Sobat Pesona dapatkan dari hotel atau tempat Sobat Pesona menginap