Suka Makan Pedas? 5 Manfaat Sehat ini Bisa Kamu Dapatkan!

 

Berita Kesehatan – Merasa kurang greget jika tidak makan pedas? Pedas memang sering kali dianggap suatu rasa, namun faktanya pedas hanyalah sebuah sensasi belaka. Pedas merupakan suatu sensasi panas dan terbakar yang dirasakan diujung saraf lidah. Makanya jika makan makanan yang pedas seluruh lidah rasanya panas dan sensasi pedas umumnya timbul dari cabai yakni lewat senyawa kapsaisin.

Kabar gembira untuk kalian yang tergolong menyukai makan makanan pedas! Karena untuk menyantapnya tak hanya mampu menggugah selera dan menambah kenikmatan, namun memiliki beragam manfaat tersembunyi bila mengkonsumsinya dalam batas yang wajar. Simak apa saja!

  • Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah studi dalam jurnal “Chemical Senses” tahun 2012, orang yang suka mengonsumsi makanan pedas cenderung lebih cepat kenyang, nafsu makan menurun, yang mana itu dapat mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

Sebuah studi di jurnal “Appetite” mengatakan bahwa senyawa kapsaisin dalam cabai tersebut dapat membantu tubuh untuk membakar kalori lebih banyak, serta ‘mengganggu’ sinyal yang diberikan sel saraf di perut ke otak dan mempengaruhi hormon yang mengatur rasa kenyang serta mengurangi nafsu makan.

  • Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kapsaisin dapat secara efektif melawan kanker, seperti kanker usus besar, kanker tulang, kanker pankreas, termasuk kanker payudara. Tim peneliti dari Universitas Ruhr, Jerman meneliti sampel sel kanker payudara pada manusia kemudian melakukan perawatan dengan kapsaisin untuk mengetahui kemampuan senyawa tersebut dalam menghancurkan sel kanker.

Mereka melihat sendiri senyawa tersebut menempelkan diri ke sel kanker, lalu mengaktifkan reseptor TRPV1 yang bertugas untuk mengendalikan senyawa mana saja yang bisa dijadikan bahan makanan untuk sel kanker dan sel kanker tersebut selanjutnya akan hancur dengan sendirinya. Untuk pertumbuhan tumor juga bisa dihentikan.

Saat ditambah dengan kemoterapi, mungkin akan lebih banyak sel-sel kanker yang mati. Meskipun ada juga sel kanker yang bertahan, tapi sel tersebut tidak seagresif sebelumnya. Artinya, risiko kanker yang menyebar (metastasis) bisa diminimalkan.

  • Awet Muda

Cabai mengandung antioksidan yang tinggi serta kaya akan vitamin C dan vitamin A. Itu semua dapat berfungsi sebagai penangkal dampak buruk dari radikal bebas sekaligus menjaga daya tahan tubuh. Senyawa-senyawa tersebut akan bekerja dengan cara menekan kerusakan sel yang terjadi akibat proses oksidasi radikal bebas. Maka hal tersebut yang berkontribusi dalam mencegah penuaan dini dan tampak menjadi awet muda.

  • Kesehatan Mata

Seperti yang diketahui, cabai mengandung vitamin A dan manfaatnya berguna untuk penglihatan mata agar tetap baik, sekaligus mencegah penurunan kualitas penglihatan mata pada malam hari seiring bertambahnya usia.

  • Mengurangi Stres

Fungsi lain dari makanan pedas yaitu dapat meningkatkan produksi hormon endorfin (membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif) dan serotonin (pemberi perasaan nyaman dan senang). Kedua hormon tersebut akan membuat suasana hati membaik, lebih semangat, dan bisa kembali fokus.