Hanya 60 Jutaan, Mobil Listrik Wuling Laku 50 Ribu Unit!

Berita Otomotif – Hampir semua barang sekarang dibuat atau dproduksi di Tiongkok, menandakan kemajuan Negeri Panda ini sangat pesat terlepas pandemi COVID-19 tahun ini. Bicara otomotif dan Tiongkok, ingatlah kalau merek Tiongkok seperti Wuling dan DFSK belum lama masuk ke dunia persilatan otomotif Indonesia dan ternyata mereka mampu bersaing dengan perusahaan lama yang sudah terkenal duluan di sini.

Baru-baru ini, Wuling membuat mobil listrik mungil yang diberi nama Hong Guang Mini EV, dan ya, Hong Guang adalah nama asli Wuling Confero di tanah asalnya meski mobil ini tidak ada mirip-miripnya dengan Confero yang kita kenal. Mengutip laporan Gasgoo, jumlah order mobil yang ditawarkan pada awal Juni lalu ini ngacir kuat hingga lebih dari 50 ribu unit! China memang pasar yang kuat untuk mobil listrik, tapi tak kami sangka animonya sebesar ini.

Dapat disimpulkan dari namanya yang ada kata “Mini”, Wuling Hong Guang Mini EV ini mempunyai panjang 2.917 mm, lebar 1.493 mm, dan tinggi 1.621 mm. Sementara wheelbase-nya hanya 1.940 mm, alias kecil banget. Mobil ini diberikan sebuah motor listrik dengan tenaga sebesar 27 hp yang didayai oleh baterai berkapasitas 13,8 kWh. Larinya dibatasi, hanya bisa sampai 100 km/jam dengan daya jelajah kurang lebih 200 km dalam sekali charge. Normal lah ya buat mobil kecil…

Meski ukurannya kecil macam kutu, Wuling Hong Guang Mini EV mampu menampung 4 orang dewasa meski kami tak yakin bakal nyaman-nyaman amat. Urusan multimedia tidak usah khawatir, mobil Tiongkok biasanya jago soal gimmick yang berkaitan dengan multimedia. Mobil ini sudah bisa dipanatu kondisi baterainya melalui aplikasi ponsel, sesuatu yang bikin nyaman kalau ingin tahu berapa sisa jarak tempuh di mobil.

Anda kebetulan bawa barang belanjaan banyak? Jangan kuatir, kursi belakang dapat dilipat rata untuk menciptakan ruang kargo hingga 741 liter. Mengenai harga, nampaknya ini salah satu yang mendukung kenapa ia bisa laku keras. Harga Wuling Hong Guang Mini EV ini hanya sekitar 28.800 Yuan atau sekitar 61 juta Rupiah saja. Murah kan? Ayo Wuling Indonesia, kapan nih siap jual mobil listrik di sini?